Kamis 03 May 2018 19:29 WIB

Tiara Andini Langsung Diuji Setelah Pulih dari Cedera

Banyak pembalap Asia unggulan yang akan ikut bersaing di Cebu.

Pembalap Tiara Andini (tengah)
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Pembalap Tiara Andini (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap downhill andalan Indonesia, Tiara Andini Prastika, diuji pada Kejuaraan Downhill Asia 2018 di Cebu, Filipina, 2-7 Mei, setelah gadis asal Semarang, Jawa Tengah, itu dinyatakan sembuh dari cedera. Tiara yang sebelumnya mengalami cedera telunjuk tangan kanan ini menjadi bagian dari enam pembalap Indonesia yang akan bertolak menuju Cebu pada Selasa malam.

"Dia (Tiara) sudah sembuh. Maka, kami langsung mengirim ke sana meski sebelumnya tidak ikut di TC (training camp) di Melbourne bersama pembalap pelatnas yang lain," kata manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa siang.

Pembalap berusia 22 tahun ini memang memiliki peluang untuk membuat kejutan, baik di kejuaraan Asia maupun Asian Games 2018, sebab memiliki peringkat UCI cukup tinggi, yaitu urutan 14 dunia. Pembalap Asia terdekatnya adalah Vipavee Deekaballes asal Thailand yang berada di rangking 21 dunia.

Meski baru sembuh, Tiara diharapkan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi, ia akan didukung penuh oleh pembalap putri Indonesia lainnya, yaitu Nining Purwaningsih yang saat ini berada di jenjang 52 dunia dan sebelumnya menjalani TC di Australia.

"Harapan kami mereka bisa maksimal. Kejuaraan Asia ini juga kami jadikan media untuk melihat kemampuan atlet yang selama ini menjalani pelatnas. Tidak hanya pembalap putri, tapi pembalap putra juga," kata pria asal Purwokerto, Jawa Tengah, itu.

Budi menjelaskan, Kejuaraan Asia bukan sekadar untuk menguji kemampuan pe,balap Indonesia. Budi mengaku juga akan melakukan pemetaan kekuatan calon lawan di Asian Games 2018 sebab banyak pembalap Asia unggulan yang akan bersaing di Cebu.

"Mereka akan bersaing dengan pembalap Jepang, Kushima Yuki (peringkat 57 dunia) dan Imoto Hajime (peringkat 68 dunia). Masih banyak lagi seperti pembalap tuan rumah, Thailand maupun Taiwan," kata Budi menegaskan.

Cabang balap sepeda disiplin downhill merupakan cabang yang berpeluang mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia pada Asian Games 2018. Untuk itu, persiapan terus dilakukan PB ISSI di bawah pimpinan Raja Sapta Oktohari. Begitu juga disiplin road race, BMX, maupun track.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement