Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Spesialis Runner-up Itu Terpaksa Absen di Asian Games

Kamis 26 July 2018 05:53 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto

Pebulu tangkis Lee Chong Wei.

Pebulu tangkis Lee Chong Wei.

Foto: Reuters
Chong Wei tiga kali menjadi finalis Kejuaraan Dunia dan satu perak Asian Games.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pebulu tangkis peringkat dua dunia Lee Chong Wei dipastikan tidak akan mengikuti dua kompetisi besar pada tahun ini. Karena alasan kesehatan, Lee Chong Wei akan melewatkan Kejuaraan Dunia di Nanjing, Cina, pada 30 Juli dan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada 19 Agustus mendatang.

"Untuk saat ini, ia tidak dapat melakukan aktivitas fisik yang intensif dalam jangka waktu panjang setidaknya satu bulan, dan oleh sebab itu, maka kami harus menariknya dari Kejuaraan Dunia BWF dan juga Asian Games 2018 di Indonesia," kata pernyataan Akademi Bulu Tangkis Malaysia, seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (25/7). 

Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) meminta masyarakat dan juga media untuk tidak mengganggu privasi Lee Chong Wei dan keluarganya selama proses pemulihan. Sebagai mantan peringkat satu dan bertahun-tahun selalu berada di peringkat tiga besar terbaik di dunia, Lee Chong Wei menjadi pebulu tangkis yang paling terkenal di Malaysia.

Saat ini, Lee Chong Wei tercatat sebagai pebulu tangkis dengan penghasilan terbesar di dunia. Berdasarkan data dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Lee Chong Wei sudah mengumpulkan sekitar Rp 30 miliar sepanjang kariernya mengikuti berbagai turnamen yang diadakan oleh BWF. "Kami berdoa agar ia cepat pulih dan menantikan ia bisa kembali ke Akademi Bulu Tangkis Malaysia," demikian pernyataan ABM.

Laki-laki kelahiran tahun 1985 itu dikabarkan tidak ikut latihan di pusat latihan ABM pekan ini. Sejak pekan lalu kabar tentang ia tidak akan berpartisipasi di Kejuaraan Dunia sudah menyebar. Namun kabar tersebut baru dikonfirmasi oleh ABM pada 24 Juli.

Chong Wei merupakan salah satu pebulu tangkis yang paling sukses sepanjang sejarah Malaysia. Tapi ia tidak pernah berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia. Ia tiga kali mendapatkan medali perak pada tahun 2011, 2013, dan 2015. Chong Wei juga sempat meraih medali perunggu pada tahun 2005.

Di level Asian Games, Chong Wei juga belum pernah meraih medali emas. Ia sempat mendapatkan medali perak pada Asian Games 2006 tapi hanya berhasil meraih medali perunggu di Asian Games 2010 dan 2014.

Peraih tiga medali perak Olimpiade ini terakhir kali bermain di Indonesia Terbuka 2018. Dalam ajang tertinggi World Series tersebut, Chong Wei dikalahkan oleh pebulu tangkis asal Jepang Kento Momota di semifinal.

Chong Wei gagal melampaui rekor rivalnya Taufik Hidayat. Chong Wei dan Taufik sama-sama memiliki enam gelar Indonesia Terbuka selama kariernya. Tapi di Indonesia Terbuka pada 7 Juli, ia menegaskan belum ingin gantung raket dan berjanji untuk kembali datang ke Indonesia tahun depan. "Ini bukan terakhir saya bertanding di sini, saya coba lagi tahun depan," kata dia, kala itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 Afghanistan 0 0 0 0
2 Bahrain 0 0 0 0
3 Bangladesh 0 0 0 0
4 Bhutan 0 0 0 0
5 Brunei 0 0 0 0