Rabu 18 Jul 2018 05:00 WIB

Lindswell Kwok, Pendekar Putri Medan Andalan Merah-Putih

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Lindswell meraih perunggu.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok
Foto: Republika/Prayogi
Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan medali emas di sejumlah cabang pada Asian Games 2018. Kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah.

Salah satu andalan kontingen Tanah Air bernama Lindswell Kwokk. Sosok kelahiran Medan, 26 tahun silam itu adalah atlet Wushu. Ia telah tampil membela Sumatra Utara, serta tim Merah-Putih di berbagai ajang nasional dan internasional.

Terbaru, wanita yang menyukai jurus tai chi ini meraih emas pada kejuaraan dunia Wushu 2017 di Rusia. Lebih dari satu dekade lalu, bakat Lindswell sudah terlihat. Pada kejuaraan nasional junior 2005, ia meraih perak. Tahun berikutnya, ia berada di posisi teratas event yang sama.

photo
Atlet Wushu Indonesia Lindswell Kwok berlatih jelang Kejuaraan Dunia Wushu di Istora Senayan Jakarta, Kamis (12/11).

Pada Agustus 2006, Lindswell bertarung di skala global. Ia membela Indonesia pada World Junior Wushu Championships I (WJWC) di Malaysia. Pada kompetisi bikinan International Wushu Federation (IWUF) itu, ia meraih perak.

Pada 2008, giliran Indonesia menjadi tuan rumah event yang sama. Kali ini gadis Medan mendapat emas. Perlahan tapi pasti, atlet yang dijuluki Ratu Wushu Asia Tenggara itu mengukir prestasi demi prestasi.

Sejumlah medali emas ia raih pada kejuaraan dunia Toronto (2009), Kuala Lumpur (2013), Jakarta (2015), serta Kazan (2017). Pada ajang regional, Lindswell meraih perak pada nomor Taijiquan di SEA Games Laos 2009.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Lindswell meraih perunggu. Kini saatnya ia mengukir prestasi terbaik pada ajang serupa, di rumah sendiri.

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement