Rabu 09 Jun 2010 03:04 WIB

Milivoje Novakovic (Slovenia): Asa Lolos Fase Grup di Pundaknya

REPUBLIKA.CO.ID, Jika di era 1992 hingga 2004, nama Zlatko Zahovic mungkin menjadi striker paling berbahaya di Slovenia, kini di putaran final Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan, seluruh bek lawan Slovenia harus berpikir dua kali ketika mengawal Milivoje Novakovic.

Kapten klub Jerman, Cologne, ini telah membukukan 13 gol buat negaranya. Hanya tiga gol lagi akan membawanya sebagai striker tersukses kedua di dalam sejarah sepak bola Slovenia setelah Zahovic.

Pemain berusia 31 tahun itu merupakan salah satu andalan utama pelatih Slovenia Matjaz Kck di lini depan. Di pundak Novakovic pula, Slovenia menggantung harapan untuk lolos dari fase penyisihan grup C.

Slovenia terdaftar bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Aljazair. Di laga uji coba terakhir, Slovenia mampu menaklukan Selandia Baru 3-1, Sabtu (5/6) dinihari. Novakovic menyumbang dua gol di menit ke-6 dan 30. Satu gol tambahan dilesakkan Andraz Kirm di menit ke-44. Sedangkan Selandia Baru hanya mencipta gol lewat Rory Fallon (20).

Tambahan dua gol tersebut membuat Novakovic menjadi pencetak gol terbanyak kedua di timnas Slovenia. Ia mengemas 16 gol dari 38 pertandingan. Jika dipersentasikan, ia mencetak 0.43 gol di setiap partai. Di posisi pertama, Zahovic masih bertahta dengan 35 gol. Namun Zahovic memerkuat Slovenia di 80 laga.

Novakovic punya modal untuk menjadi predator tersubur. Dengan tinggi 1,92 meter, pria kelahiran Ljubljana itu unggul dalam duel-duel udara. Bek-bek Inggris, Amerika Serikat, dan Aljazair, agaknya harus mewaspadai pergerakannya.

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement