Selasa 08 Jun 2010 19:32 WIB

Shunsuke Nakamura (Jepang): Tak Tergantikan

REPUBLIKA.CO.ID, Dia adalah pemain nomor 10 Jepang. Punya kemampuan di atas rata-rata pemain Jepang dan terkenal memiliki visi bermain yang bagus. Namanya, Shunsuke Nakamura.

Nakamura dikenal memiliki akurasi tendangan kaki kiri yang cukup tinggi. Pada Piala Dunia 2010, 'The Blue Samurais' akan mengandalkan pemain kidal ini

Pria kelahiran Yokohama 24 Juni 1978 yang memiliki tinggi 178 cm dan berat badan 72 kg itu akan menempati posisi tengah. Selama kariernya divtimnas dan beberapa klub di Eropa seperti Glasgow Celtic dan Espanyol, pemain ini mengandalkan kemampuannya untuk mengeksekusi bola-bola mati.

Selama memperkuat timnas Jepang sejak debutnya 13 Februari 2000, Nakamura telah mengemas 23 gol dari 91 kali pertandingan. Khusus di klub, salah satu prestasinya adalah membawa Glasgow Celtic menjadi Juara Liga Primer Skotlandia 2007.

Saat itu, Nakamura menciptkan gol kemenangan bagi timnya melalui tendangan bola mati di masa injury time. Dengan gol itu Glasgow Celtic menang 2-1 atas klub Kilmarnock dan Nakamura dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Primer Skotlandia 2007.

Pemain yang memulai kariernya di Yokohama F Marinos pada tahun 1997-2002 ini akhirnya melabuhkan hatinya untuk merumput liga terbesar dunia yaitu La Liga Spanyol dengan bermain bersama klub Espanyol sejak 2009 lalu.

Nakamura kini tetap menjadi sosok tak tergantikan di skuad timnas Jepang. Baru saja sembuh dari cedera engkel, ia langsung akan dimainkan pada laga pemanasan Piala Dunia (PD) 2010 melawan Pantai Gading, Jumat (4/6) waktu setempat.

Gelandang berusia 31 tahun ini harus absen saat Jepang kalah 1-2 dari Inggris di Austria, Minggu (30/5) waktu setempat. Namun sehari setelah itu, Nakamura muncul pada sesi latihan saat Jepang menjalani latih-tanding dengan klub lokal di pegunungan Alpen, Swiss.

Jepang akan memulai perjuangan mereka di Grup E Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Afsel) melawan Kamerun, Senin (14/6) WIB, sebelum mereka menghadapi dua tim unggulan utama, Belanda dan Denmark. Kehadiran Nakamura jelas sangat dibutuhkan di tiga laga fase grup tersebut.

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement