Jumat 16 Jul 2010 03:18 WIB

Pasar Cisalak Depok Segera Direnovasi

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Depok, Jawa Barat, berencana merenovasi Pasar Cisalak, Cimanggis. Rencananya perbaikan pasar ini akan dilakukan pada 2011 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Pasar, Koperasi dan UKM Depok, Herman Hidayat, ada beberapa hal yang akan dibenahi di pasar ini. ''Misalnya perbaikan beberapa bangunan fisik yang rusak dan tak berfungsi optimal,'' katanya kepada Republika, Kamis (15/7).

Herman mengatakan, pihaknya telah mengajukan anggaran Rp 1,5 miliar untuk renovasi ini. Pasar Cisalak dipilih karena perannya yang besar dalam memberi retribusi pada Pemerintah Depok.

Herman mengharapkan dengan renovasi ini, pengunjung akan lebih nyaman berbelanja. ''Kini kami sedang merapatkan lebih lanjut dengan DPRD,'' jelasnya. ''Selain itu, kami juga telah berkonsultasi dengan sejumlah pihak terkait seperti Dinas Tata Kota dan Pemukiman.''

Dari pantauan Republika, situasi bangunan Pasar Cisalak memang memprihatinkan. Di beberapa titik, plafon pasar banyak yang berlubang, ubin banyak yang pecah, dan drainase banyak yang tersendat sampah sehingga menimbulkan genangan air dan bau busuk.

Selain itu, dari dua los bangunan pasar yang ada, tak semua kios berisi penuh, hanya lantai dua saja. Hal ini menyebabkan lantai satu pasar terkesan kumuh dan tak terawat.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Depok, Babai Suhaimi mengakui pihaknya telah melakukan rapat dengan Dinas Pasar, Koperasi dan UKM, Selasa (14/7) lalu. Namun diutarakannya dewan belum tentu menyetujui renovasi ini. Pasalnya status kepemilikan pasar masih rancu, apakah resmi milik pemerintah kota atau dimiliki pihak ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement