Jumat 28 May 2010 05:17 WIB

Wow, Aromaterapi Bikin Singa Jadi Jinak

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Lemparlah beberapa kuntum bunga tertentu ke arah seekor kucing, maka dia bakal terdiam dan mengantuk beberapa jam. Hal yang sama juga akan terjadi jika kucing dibaringkan di atas tumpukan jerami yang dibawahnya dihamparkan daun peppermint dan lavender. Dan, "rumus" ini bukan rahasia lagi di kalangan pecinta hewan.

Namun tak banyak yang tahu, hal yang sama juga berlaku bagi singa, binatang yang terkenal garang itu. Petugas kebun binatang Paington Zoo di Devon, Inggris, menggunakan trik yang sama untuk singa-singa di kebun binatang ini. Bila bagi kucing efeknya membuat mengantuk, bagi singa, efek aromaterapi itu adalah membuatnya "manis" dan jinak.

Biasanya, saat dilempar sekantung aromaterapi yang terdiri dari daun pappermint dan lavender, sang singa akan mengaduk-aduknya seperti dia mencabik kantung daging. "Namun kemudian mereka menjadi lembut dan sangat jinak. Berlaku seolah kucing besar," ujar juru bicara kebun binatang, Phil Knowling, kepada PEOPLEPets.com.

Salah satu singa penggemar aromaterapi adalah Indu, yang lahir di kebun binatang Paignton pada tahun 2003. Ia setiap hari selalu "merindukan" buket goni berisi aromaterapi. "Ini adalah program kami untuk merelaksasi mereka, karena di penangkaran, singa tidak diwajibkan untuk berburu atau mencari makanan seperti di alam terbuka," ujar Knowling.

Temuan mereka didapat secara coba-coba. Saat itu, mereka tengah berusaha menaklukkan singa dari alam bebas yang nyaris dihabisi penduduk di sebuah negara di Asia Selatan karena mengganggu ternak mereka. Sang singa yang tertangkap kemudian dikapalkan ke Inggris.

Pawang kemudian memasukkan sejumlah besar aropaterapi dalam sebuah kantong dan diikatkan di lengan mereka. Begitu singa mulai "terbuai", mereka terus menggosok-gosokkan kantong itu ke wajahnya. Belakangan, singa itu malah rajin menjilat-jilat kantong dan menunjukkan kegembiraannya yang bermain layaknya kucing besar.

Kini, kata Knowling, trik yang sama digunakan untuk beberapa jenis hewan lain, antara lain harimau dan monyet. "Umumnya mereka menjadi tenang setelah terpapar bebauan aromaterapi," ujarnya. Wah...

sumber : PeoplePets.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement