Kamis 02 Dec 2010 05:07 WIB

Menegpora: Prestasi Indonesia di Asian Games Bisa Ditingkatkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora), Andi Mallarangeng, menilai keberhasilan Indonesia meraih empat medali emas, sembilan pera,k dan 13 perunggu pada Asian Games 2010 Guangzhou, Cina, adalah prestasi yang masih jauh dari harapan. Namun prestasi itu bisa ditingkatkan.

"Tentu saya senang Indonesia bisa memenuhi target medali emas di Cina baru-baru ini, tapi saya lihat itu masih jauh dari harapan masyarakat yang menginginkan prestasi lebih, mengingat potensi bangsa ini sangat besar," ujarnya saat pembubaran kontingen Asian Games 2010 di Jakarta, Rabu (1/12).

Menurut Menegpora, Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia serta alam yang memadai untuk mencetak prestasi di bidang olah raga, dan itu yang harus dimanfaatkan oleh bangsa dan negara.

"Memang prestasi Asian Games yang sekarang berdasarkan perolehan medali meningkat dibanding even sebelumnya di Doha yang hanya meraih dua medali emas, tiga perak, dan 15 perunggu, tapi melihat peringkat masih jauh dari pesaing," ucap Menegpora.

Pada Asian Games 2010, Indonesia berada di posisi ke-15, kalah dari Thailand yang berada di urutan sembilan dan Malaysia ke-10. "Untuk empat tahun ke depan, kalau bisa target dua kali lipat medali emas dari yang sekarang, dan peringkat juga harus meningkat ke urutan lima sampai 10," ujarnya.

Berkaitan dengan bonus yang harus diberikan kepada atlet peraih medali di Asian Games 2010, ia mengatakan, bonus tetap akan diberikan meskipun pihaknya nombok.

"Meskipun kami harus mengeluarkan puluhan miliar rupiah untuk bonus, kami tetap senang, meskipun harus tekor," tuturnya.

Pemerintah memberikan bonus senilai Rp 400 juta kepada setiap peraih medali emas, Rp100 juta peraih perak, dan Rp50 juta untuk perunggu. "Saya rasa setiap atlet harus merasakan bonus yang sama, meskipun dari satu cabang beranggotakan banyak atlet, dan juga atlet cadangan juga harus merasakan yang sama," tuturnya.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR-RI GM Utut Adianto yang hadir pada acara pembubaran kontingen yang diselingi penyerahan bonus atlet tersebut mengatakan, pemberian bonus itu sebagai bentuk apresiasi. "Ini bentuk apresiasi, ya baguslah untuk mendorong atlet mengejar prestasi. Bahkan, saya setuju cabang yang berprestasi harus lebih didorong dan mendapat perhatian lebih," ujarnya menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement