Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Komplikasi Ginjal dan Diabetes, Angky Camaro Meninggal

Selasa 23 Jun 2009 06:07 WIB

Red:

JAKARTA -- Presiden Komisaris HM Sampoerna Tbk (HMSP), Angky Camaro, yang juga direktur PT Indofood Sukses Makmur, meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura, Senin (22/6) pukul 01.20 waktu setempat.

Informasi resmi menyebutkan, ikon PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) tersebut meninggal akibat komplikasi ginjal dan diabetes. Semasa hidupnya, eksekutif kelahiran Bogor 16 Maret 1949 ini juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Tbk. Dunia otomotif, rokok dan industri makanan-minuman (mamin), secara bersamaan sangat kehilangan Almarhum Angky Camaro.

Pihak PT Indomobil Niaga International Tbk melaporkan, berdasar keterangan keluarga Almarhum, jenazah akan dibawa kembali ke Tanah Air, Selasa ini (23/6). Jenazah kemudian disemayamkan di rumah duka Jl Pitaloka No.3-4 Perumahan Villa Duta, Bogor, Jabar, dan akan dimakamkan pada Jumat (26/6).

Dihubungi Republika, di Jakarta, Senin siang (22/6), Direktur Utama PT Indomobil Niaga International Tbk, Gunadi Sindhuwinata, membenarkan penyakit ginjal yang mengakibatkan kematian Almarhum. Bahkan, sejak beberapa bulan terakhir, Angky kerap memeriksakan penyakitnya ke Singapura.

Gunadi mengatakan, sebagai preskom di PT Indomobil Sukses International Tbk ini, almarhum merupakan sosok profesional dan pekerja keras. Angky bergabung di Indomobil sejak tahun 1981, dibawah perusahaan milik Grup Salim Angky hampir 30 tahun bekerja dengan Grup Salim.

''Berkat tangan dingin Angky Camaro dan Soebronto Laras, Suzuki berkembang pesat di Indonesia," jelas Gunadi. Artinya, sejak awal 1982-an, Angky bergabung dengan Indomobil dan tidak pernah lepas dari Grup Salim hingga saat ini, sampai dia meninggalkan dunia.

''Perusahaan sangat kehilangan mendengar informasi meninggalnya Bapak Angky Camaro Karena berkat kerja keras almarhum, Indomobil mengalami banyak perubahan besar. Tentu, dunia otomotif di Indonesia pun merasa kehilangan insan terbaiknya. Karena Pak Angky begitu identik dengan dunia otomotif,'' lanjutnya.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Franky Welirang, juga mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya Angky Camaro, kolega bisnisnya di Indofood. Pasalnya, di Indofood, Almarhum Angky, kata Franky, menjabat direktur sejak 27 Juni 2008. ''Saya mendengar sejak tadi pagi. Sebagai sesama kolega, saya sangat prihatin atas meninggalnya pak Angky,'' ujar Franky, dihubungi Republika.

Kata Franky, sebelum terjun di Indofood, Angky sempat menggeluti dunia rokok dengan bergabung di PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), sejak 2002, hingga menduduki posisi puncak preskom HMSP sejak 27 Mei 2008. ''Selanjutnya, tanggal 27 Juni 2008, RUPS Indofood menunjuk Pak Angky sebagai direktur,'' jelas Franky.

Dimata Franky, Pak Angky merupakan sosok pebisnis yang tangguh dan pekerja keras. Dirinya juga sudah diberitahu jika meninggalnya Almarhum akibat penyakit ginjal yang dideritanya. zak/ahi

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA