Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Izin Kegiatan di Monas akan Diperketat

Selasa 24 Mar 2009 03:22 WIB

Red:

JAKARTA -- Pemkot Jakarta Pusat akan memperketat izin pemanfaatan areal di Monumen Nasional (Monas) untuk berbagai kegiatan yang dilakukan organisasi masyarakat dan swasta. Kebijakan itu dikeluarkan mengingat

banyaknya pengajuan izin namun kebanyakan menyepelekan aspek kebersihan.

Rencana kebijakan memerketat izin pemanfaatan areal Monas tersebut disampaikan langsung Wali Kota Jakarta Pusat, Hj Sylviana Murni, kepada Kasatpol PP Pemkot Jakpus, Idris Priyatna. "Tolong Pak Idris, buatkan konsep aturan yang mengikat persyaratan bagi ormas atau pun pihak swasta yang akan meminjam kawasan Monas untuk suatu acara apapun. Jika ternyata ada yang mengingkari persyaratan, akan dikenai skorsing," tegas  Sylviana Murni  saat acara pembekalan pengamanan tempat pemungutas suara (TPS) Pemilu 2009 bagi 200 anggota Linmas di Kantor Walikota setempat, Senin (23/3).

Selama ini, kata wali kota,  sering terjadi satu ormas meminta izin menggunakan kawasan Monas untuk kegiatan. Peminjam dalam permohonannya sepakat untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan kawasan kebanggaan warga Jakarta ini, namun seusai pelaksanaan acaranya peminjam tak bertanggung jawab dan meninggalkan sampah yang berserakan.

"Untuk waktu-waktu mendatang perlu penindakan lebih tegas. Peminjam kawasan Monas yang mengingkari janjinya baik itu menyebabkan kerusakan taman maupun meninggalkan sampah yang berserakan, harus dikenai tindakan skorsing, misalnya selama setahun tak diperbolehkan lagi meminjam kawasan ini. Tindakan tegas ini perlu agar tak ada lagi pihak yang menyepelekan," kata Sylvi.

Pintu pertama perizinan pemanfaatan Monas kini berada di KanSatpol PP.  man/ism

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA