Senin 03 Jan 2011 01:11 WIB

Sejarah Depok Masuk Kurikulum Sekolah

Rep: C23/ Red: Djibril Muhammad
Kota Depok
Kota Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Sejarah Kota Depok akan masuk ke dalam kurikulum seluruh jenjang sekolah di Kota Depok. Sejarah Kota Depok ini rencananya mulai diajarkan pada tahun ajaran 2011/2012.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kota Depok, Sri Rahayu Purwitaningsih, mengatakan sejarah Kota Depok akan menjadi muatan lokal dalam kurikulum sekolah di Depok, dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun untuk materi muatan lokal itu masih dalam pembahasan.

"Dalam raperda yang akan disahkan menjadi perda tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan memang telah dimasukkan sejarah Kota Depok sebagai muatan lokal," kata aktivis perempuan yang akrab disapa yayuk ini saat jumpa pers kepada para wartawan di Rumah Makan Pondok Laras, Cimanggis, Depok, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, muatan lokal ini menjadi catatan khusus terkait kekhasan kondisi Kota Depok dalam pembahasan Pansus II DPRD Depok. Pasalnya, ia cukup prihatin dengan pengetahuan masyarakat Depok yang minim tentang sejarah kotanya. Apalagi, lanjutnya, generasi muda akan menjadi calon pemimpin Kota Depok selanjutnya.

Pansus II DPRD Depok, ia menambahkah, telah selesai membahas dan mengkaji raperda inisiatif tentang pendidikan tersebut. Ia juga menegaskan raperda itu telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan siap untuk disahkan menjadi perda.

"Jika raperda telah disahkan, sejarah Kota Depok akan pasti dimasukkan dalam pelajaran pada 2011/2012. Untuk materinya, Dinas Pendidikan yang akan membahas hal itu. Sedangkan kami hanya mendampingi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement