Kamis 03 Mar 2011 19:30 WIB

Dana Ujian Nasional tak Juga Cair

Rep: Ichsan Emrald Alamsy/ Red: Johar Arif
Ujian Nasional SMA
Ujian Nasional SMA

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ujian Nasional diselenggarakan satu setengah bulan lagi. Namun, dana pelaksanaan ujian belum juga cair. Hal ini karena Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Ujian Nasional tak juga turun.

Padahal, daerah sudah memulai proses lelang pencetakan soal. Pencetakan ini harus sudah mulai dilakukan pertengahan bulan Maret.

Menurut Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi, pihaknya telah berkomunikasi dengan daerah. Ia menyatakan hampir semuanya mengaku dana Ujian Nasional belum cair.  ‘’Dana belum cair, akan tetapi itu minggu lalu, untuk minggu ini saya belum mengetahuinya,’’ ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Kamis (3/3).

Ia sendiri menyatakan tidak tahu alasan belum cairnya anggaran. Dirinya berharap, dana tersebut segera dicairkan sehingga daerah memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional, khususnya masalah pencetakan naskah soal.

Saat ini proses pencetakan soal sedang dalam proses lelang di daerah. Kemudian, proses pencetakan paling lambat sudah dilakukan pada pertengahan Maret. Proses pencetakan biasanya memakan waktu 20 hari. Sehingga, awal April naskah sudah didistribusikan ke rayon.

Ia mengingatkan satu minggu sebelum ujian, naskah harus sudah didistribusikan. Hal ini agar tidak terjadi kekacauan pada daerah yang lokasinya jauh, seperti wilayah Papua. Apalagi, saat ini sudah disiapkan enam tipe soal. ‘’Pihak percetakan harus memeriksa naskah dengan teliti, jangan sampai ada yang tertukar,’’ ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement