Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Antisipasi Rekayasa, Pengawas Ujicoba UN Diundi

Jumat 04 Mar 2011 19:08 WIB

Red: Djibril Muhammad

Ujian Nasional

Ujian Nasional

Foto: ISTOCK PHOTO

REPUBLIKA.CO.ID, KOTABARU - Guru pengawas yang betugas pada ujicoba ujian nasional 'tryout' di sekolah-sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan sederajat di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) diundi untuk menghindari adanya rekayasa nilai. Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru Eko Suryadi Widodo MM, Jumat (4/3), menyatakan, ingin memperbaiki kualitas mutu pendidikan di Kotabaru melalui peningkatan disiplin dan transparansi mulai dari murid hingga ke dewan guru.

"Oleh sebab itu, agar tryout ini benar-benar menghasilkan nilai yang sebenarnya, pengawas yang melakukan pengawasan di ruang-ruang belajar harus diundi atau disilang," jelasnya.

Dikatakan, pada tryout pertama nilai siswa SMA dan sederajat di Kotabaru angka kelulusanya hanya mencapai berkisar 3,9 persen. Pencapaian tersebut, menurut Eko yang akrab dissapa Dodo masih jauh dari harapan Pemkab Kotabaru.

Dengan dasar nilai tryout tahap pertama itu, ia meminta kepada semua dewan guru dan pengawas untuk benar-benar meningkatkan perhatiannya kepada anak didik dan serta lebih fokus dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Kepada orang tua juga diminta untuk lebih memperhatikan anak-anaknya agar meningkatkan belajar di rumah.

"Saya minta hasil tryout ini tidak ada rekayasa, dan harus murnai agaar kita mengetahui dimana yang harus dilakukan pembenahan," terangnya.

Dijelaskan, tryout yang dilaksanakan secara serempak 28 Pebruari-3 Maret diikuti oleh siswa SMP sebanyak 3.692 orang dari 67 sekolah, dan siswa SMA sederajat sebanyak 1.849 orang dari 28 sekolah. Meski tidak menjadi yang terbaik di Kalsel, Dodo berharap perhatian semua pihak agar nilai kelulusan dan prosentase kelulusan untuk Kotabaru jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA