Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Hadapi UN April, SMA Pamekasan Gelar 'Try Out'

Selasa 08 Mar 2011 12:07 WIB

Red: Djibril Muhammad

Ujian Nasional

Ujian Nasional

Foto: ISTOCK PHOTO

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN - Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan menggelar 'try out' atau uji coba pelaksanaan ujian nasional (UN) pada minggu kedua April 20011. "Sesuai rencana try out UN ini akan kami gelar pada tanggal 8 hingga 12 April," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Pamekasan, Basyair, Selasa (8/3).

Menurut Basyair, uji coba pelaksanaan UN ini digelar sebagai upaya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian. Sehingga hasilnya nantinya akan menjadi pertimbangan pihak sekolah. "Artinya, jika dalam pelaksanaan try out itu nanti kemampuan siswa menjawab soal dirasa kurang, maka pihak sekolah bisa memberikan pelajaran tambahan kepada siswa," katanya menjelaskan.

Menurut Basyair, meski sistem penentuan kelulusan siswa pada pelaksanaan UN kali ini lebih ringan dibanding tahun 2010 lalu, karena menggunakan sistem terpadu, namun persiapan optimal masing-masing sekolah perlu tetap dilakukan. Pada sistem penentuan kelulusan UN tidak hanya bertumpu nilai UN semata, tetapi juga memperhatikan nilai ujian akhir sekolah (UAS). "Antara nilai UN dan UAS itu dipadu dan itu akan menjadi penentuan kelulusan UN kali ini," kata Basyair.

Menurut Basyair, sekor nilai UN 0,60 persen, sedangkan UAS 0,40 persen. UAS, kata Basyair juga merupakan perpaduan nilai antara ujian semester, mulai semester 3, 4 dan semester 5. "Nilai semester dan UAS ini dipadukan dengan nilai angka 0,40 persen," katanya menambahkan.

Basyair menjelaskan, perubahan sistem kelulusan UN 2011 ini mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional. Dari sisi kelulusan siswa, kata dia, sistem kelulusan dan teknik pelaksanaan UN yang baru ini lebih mudah sebab siswa masih diberi kesempatan melakukan perbaikan nilai pada UAS dan nilai harian atau nilai semester. "Kalau standar nilai kelulusan yang ditetapkan Mendiknas pada UN kali ini sama dengan UN 2010 yakni 5,5," katanya menjelaskan.

Sesuai rencana, pelaksanaan UN secara nasional akan digelar pada tanggal 18 hingga 21 April 2011 untuk tingkat SMA dan sederajat, SMP pada tanggal 25 hingga 29 April, sedangkan ujian untuk SD pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2011.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA