Rabu 02 Mar 2011 20:39 WIB

PPD dan Mayasari Operasikan Angkutan Malam Hari di Jalur Busway

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) dan Mayasari Bakti mengoperasikan bus reguler malam hari (angkutan malam hari/amari) pada jalur yang bersinggungan dengan koridor IX busway (Pinangranti - Pluit).

"Kami telah sepakat untuk bekerja sama dengan operator bus Mayasari Bakti dan PPD untuk menyediakan angkutan umum dari pagi hingga malam hari disepanjang koridor IX. Khususnya untuk melayani warga Jakarta yang pulang malam, sementara busway telah selesai beroperasi pada pukul 22.00," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya meminta PPD dan Mayasari untuk mengaktifkan Amari menggantikan sembilan trayek bus reguler yang dialihkan karena beroperasinya bus Transjakarta koridor IX.

Bus Amari PPD dan Mayasari diaktifkan karena masyarakat mengeluh kesulitan transportasi malam hari pasca sembilan trayek bus reguler tersebut dicabut oleh Dinas Perhubungan.

Pristono mengatakan total 189 bus dari sembilan trayek yang dicabut tersebut disiapkan untuk menambah armada bus reguler pada trayek lainnya milik PPD dan Mayasari Bakti.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi PO Mayasari Bakti, Arifin Azhari, mengatakan pihaknya akan mengaktifkan 65 bus dari enam trayek Mayasari Bakti yang dialihkan tersebut.

Arifin menjelaskan Mayasari sebenarnya telah lama mengoperasikan bus reguler sampai malam yaitu berkisar pukul 22.00 atau 23.00.

"Selama seminggu ini, kami juga telah mencoba menambah dua jam mengoperasikan bus trayek PAC 81 dan PAC 49 sampai jam 12 malam karena mengakomodir permintaan masyarakat yang cukup tinggi," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya menambah minimal lima bus yang berasal dari pengalihan trayek ke empat trayek bus reguler Mayasari Bakti yaitu Patas 49 (Kalideres - Bekasi), Patas 18 (Blok M - Kalideres), Patas AC 81 (Kalideres - Depok) dan Patas 50 (Kampung Melauu - Kalideres) untuk menjadi bus Amari. "Empat trayek tersebut rata-rata ditambah lima bus, sehingga total bus Amari dari Mayasari ada 20 bus," katanya.

Sedangkan Direktur Teknis PPD, Jalarin Purba, menjelaskan pihaknya bakal mengoperasikan bus Amari hingga pukul 24.00 setiap harinya pada lima trayek yaitu Patas 41 (Kampung Rambutan-Harmoni), Patas 45 (Blok M-Cimone), Patas 54 (Depok-Grogol), Reguler 45 (Cililitan-Blok M), dan Reguler 213 (Grogol-Kampung Melayu). "Masing-masing dari trayek itu telah beroperasi sekarang. Pada malam harinya disesuaikan dengan kondisi banyaknya penumpang," kata Jalarin.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement