Senin 28 Feb 2011 17:10 WIB

TN Ujung Kulon Tawarkan Paket Wisata Melihat Badak

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG- Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) menawarkan paket wisata minat khusus melihat badak jawa (Rhinoceros Sondaicus) dari atas saung ranggon. Harga paket yang ditawarkan mencapai 50 juta rupiah selama 15 hari untuk satu orang.

"Wisata minat khusus ini kami kelola bersama dengan masyarakat sekitar melalui koperasi. Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat sekitar dan pengembangan pariwisata di TNUK," kata Kepala TNUK, Agus Priambudi, di Serang, Senin.

Ia mengatakan, paket wisata minat khusus melihat badak tersebut ditawarkan untuk orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan secara finansial dan orang yang berminat untuk melihat tingkah laku badak jawa. Paket tersebut hanya dibatasi empat kali trip dalam satu tahun dan hanya terbatas dua orang dalam satu trip karena khawatir mengganggu keberadaan badak jawa di TNUK.

"Tahun 2010 lalu ada satu orang wisatawan dari Swedia. Peluang untuk bisa melihat badak jawa sekitar 70 persen," kata Agus Priambudi. "Wisata ini tidak dibuka pada bulan Agustus, September dan Oktober karena pada bulan-bulan itu merupakan musim kawin badak jawa," kata Agus.

Ketua Koperasi Kagum Desa Ujung Jaya Warca Dinata mengatakan, tim yang akan memandu para wisatawan dalam paket wisata ini sebanyak 8 orang, mereka akan membantu wisatawan untuk membawa berbagai peralatan serta memandu di lapangan dan saat berada di ranggon. "Bulan Juli 2011 sudah ada dua orang yang memesan berasal dari Ingggris," kata Warca Dinata.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement