Kamis 24 Feb 2011 21:38 WIB

Korban Merapi akan Terima Bantuan Rumah

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG - Para korban bencana Gunung Merapi di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang rumahnya rusak akan mendapatkan bantuan. Dana pembangunan rumah permanen yang dikucurkan senilai 11,5 juta dolar Amerika Serikat, kata Kepala Bappeda Kabupaten Magelang Rohadi Pratoto.

Ia mengatakan di Magelang, Kamis (24/2), pembangunan rumah permanen ini dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, dalam proyek Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (Rekompak)-Java Reconstruction Fund (JRF).Ia mengatakan, dana tersebut berasal dari sumbangan negara-negara pendonor.

Menurut dia, bantuan tersebut akan diberikan tahun 2011 ini. Di Kabupaten Magelang, dukungan dana akan diberikan untuk pembangunan rumah permanen bagi mereka yang bertempat tinggal di radius 300 meter dari alur sungai, baik yang sudah terdampak lahar dingin maupun belum.

Selain itu, mereka yang tinggal di radius lima kilometer dari puncak Gunung Merapi dan seluruh warga yang menjadi korban erupsi Gunung Merapi. "Pada tahap awal, mereka yang akan dibangunkan rumah terlebih dahulu adalah warga yang memang sudah memiliki lahan sebagai lokasi tempat tinggal baru," katanya.

Ia mengatakan, bagi mereka yang tidak memiliki lahan, Pemkab Magelang akan membantu mencarikan tanah sebagai lokasi hunian baru.

Rohadi mengatakan, meskipun belum mengetahui jumlah dana yang akan didapat dan kapan proyek ini mulai dilaksanakan, Pemkab Magelang sudah melakukan persiapan dengan mendata ulang daerah-daerah rawan bencana, khususnya bencana lahar dingin.

"Banjir lahar dingin telah menerjang daerah-daerah yang tidak diprediksi sebelumnya, maka dalam waktu dekat, kami akan segera membuat pemetaan baru daerah rawan bencana lahar dingin," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement