Kamis 24 Feb 2011 11:32 WIB

Jelang Sambungan Baru PLN, Calo Listrik Berkeliaran

Jaringan listrik PLN, ilustrasi
Jaringan listrik PLN, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU-Menjelang sambungan baru jaringan listrik yang akan dilakukan PLN Cabang Pekanbaru, para calo terlihat marak berkeliaran di sejumlah perumahan kota tersebut.

Seorang warga perumahan Tanjung Mas, Asri (35), Kamis, mengatakan para calo tersebut mencari korban dan menyatakan menjamin aliran listrik akan masuk pada Maret 2011.

"Ada yang datang dan mengatakan bisa memasukkan aliran listrik. Calo tersebut minta uang hingga Rp3,5 juta, lebih besar jika kita urus sendiri ke PLN," ujarnya. Padahal, jika mengurus sendiri ke PLN biaya yang dikeluarkan hanya Rp700 ribu. Ia mengatakan, calo tersebut juga mengetahui siapa saja yang akan mendapat aliran listrik pada Maret 2011.

"Calo tersebut juga mengancam jika tidak melalui dirinya, maka tidak ada jaminan jaringan listrik masuk ke rumah kami," kata dia. Ia mengaku resah dengan maraknya calo yang berkeliaran sehubungan dengan rencana perusahaan energi listrik itu memasang jaringan di daerah tersebut.

Manajer Cabang PLN Pekanbaru, Ilham Santoso, mengakui banyak calo berkeliaran di sejumlah perumahan terkait rencana tersebut. "Kita mengimbau masyarakat jangan percaya dengan namanya calo. Lebih baik urus sendiri ke kantor rayon PLN," kata dia.

Ia menyebutkan untuk pemasangan baru hanya membayar biaya pemasangan dan uang jaminan langganan. Biaya pemasangan tergantung daya yang diinginkan. "Misalnya untuk pemasangan 900 KWh, biaya yang dikeluarkan hanya Rp675 ribu," jelasnya.

Pada awal Maret 2011, PLN Pekanbaru akan menyediakan sambungan 45 ribu pelanggan baru. "Kalau ada oknum PLN yang menjadi calo, maka segera laporkan ke PLN terdekat," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement