Rabu 23 Feb 2011 21:24 WIB

Sultan: Keluhuran Rasulullah Perlu Dicontoh Pemimpin Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Keluhuran akhlak Rasulullah Muhammad SAW perlu menjadi contoh bagi para pemimpin di negeri ini, sehingga mereka dapat menjadi teladan bagi rakyat, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. "Dengan demikian, negara menjadi aman, tenteram, damai, dan kondusif dalam segala aspek," katanya dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam IX pada peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 2011 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Rabu.

Kondisi itu, menurut dia, pada akhirnya akan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir batin dan saling menghargai dan menghormati antarpemeluk agama. "Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk memberikan pembinaan mental dan spiritual kepada pejabat dan aparat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY, agar dapat mempelopori kehidupan keluarga dan bermasyarakat yang harmonis, tertata, aman, damai, tenteram, dan sejahtera," katanya.

Ia mengatakan, hal itu penting karena melalui keluarga dan masyarakat yang seperti itu akan menjadi kekuatan dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, karena saat ini banyak muncul permasalahan akibat dari perekonomian dan terbatasnya lapangan kerja. "Selain itu, juga akan menumbuhkan kepedulian dan perhatian kepada penduduk yang tertimpa bencana. Sikap peduli terhadap sesama itu akan membentuk sebuah karakter diri," katanya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Khoiruddin Bashori dalam ceramahnya mengatakan, umat Islam perlu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, karena telah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. "Dengan percaya kepada Allah SWT, umat Islam akan menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. Jika hal itu diterapkan Insya Allah akan menjadi luar biasa, baik dalam menjalankan kehidupan maupun bermasyarakat," katanya.

"Mari kita menjalankan tuntunan Rasulullah, melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Hal itu seharusnya juga menjadi referensi bagi para pemimpin agar bisa menjadi contoh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement