Rabu 16 Feb 2011 00:04 WIB

Gempa Poso Dirasakan di Sulbar

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (15/2) malam, pukul 21.33 WITA, dirasakan masyarakat di sejumlah Kabupaten di Sulawesi Barat.

Dila, salah seorang warga di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, mengaku merasakan getaran gempa yang berpusat di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meski jaraknya jauh sekitar 700 kilometer sebelah utara dari wilayah Kabupaten Majene.

Ia mengatakan, bukan hanya warga di Kecamatan Malunda yang merasakan gempa tapi sejumlah masyarakat yang ada di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar juga merasakan getaran gempa di Kabupaten Poso.

Menurut dia, Keluarganya yang ada di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman yang jaraknya sekitar 100 kilometer arah selatan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, juga merasakan getaran gempa Poso itu.

"Saat saya menelpon keluarga yang ada di Kecamatan Wonomulyo setelah gempa terjadi mereka juga mengaku merasakan getaran gempa dari Kabupaten Poso, meski getarannya tidak begitu keras," katanya.

Dila mengaku saat gempa terjadi dirinya dan beberapa rekan-rekannya tengah berkumpul dalam suatu acara di rumahnya. Meski merasakan guncangan gempa, mereka semua tidak panik karena getaran tidak begitu keras.

"Kami semua merasa bergoyang-goyang di rumah, sejumlah perabot rumah tangga juga turut bergoyang sehingga kami sadar gempa telah terjadi," katanya.

Sementara itu warga di Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar, yang jaraknya sekitar 80 kilometer sebelah utara Kecamatan Malunda Kabupaten Majene juga turut merasakan getaran gempa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement