Rabu 09 Feb 2011 17:12 WIB

UPH Bagi-bagi Beasiswa Pendidikan Guru di Ambon

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON - Yayasan Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan beasiswa pendidikan guru bagi para lulusan SMA dan sederajat di kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku mulai tahun 2011. "Program beasiswa diperuntukan bagi lulusan SMA, SMK dan MA di kota Ambon dan dikhususkan untuk program Diploma dan strata satu pendidikan guru," kata Wali Kota Ambon, Jopi Papilaja, di Ambon, Rabu (9/2).

Seleksi saringan masuk program beasiswa pendidikan guru itu akan dilaksanakan 11 Februari 2011 di Aula Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), dimulai pukul 08.00 - 13.30 WIT. Menurutnya, program beasiswa ini diberikan bagi putra-puteri terbaik Maluku, yang terpanggil untuk menjadi tenaga pendidik dan berkarya untuk membangun pendidikan di daerah itu.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melakukan kerja sama dengan UPH sejak tahun 2008 untuk memberikan beasiswa kepada para tenaga pendidik guna menyelesaikan pendidikan di Fakultas Keguruan UPH. "Kerja sama yag dilakukan telah berlangsung tiga tahun untuk program beasiswa guru, tenaga dosen serta seleksi dan pelatihan pejabat struktural di lingkup Pemkot Ambon," katanya.

Papilaja menjelaskan, siswa yang dinyatakan lulus seleksi akan diberikan fasilitas beasiswa, akomodasi yakni tempat tinggal, biaya makan, buku serta tiket pesawat kembali ke daerah, tetapi tidak diberikan uang saku. "Siswa tidak hanya menerima besiswa pendidikan, tetapi juga memperoleh akomodasi memadai selama melakukan pendidikan di UPH," katanya.

Setelah menyelesaikan pendidikan, mereka akan ditempatkan bekerja di sekolah Yayasan Pelita Harapan berstandar internasional dan Dian Harapan standar nasional plus. "Para lulusan juga akan ditempatkan di pesantren di Banten maupun sekolah lain yang telah melakukan kerjasama dan dikelola UPH," ujarnya.

Papilaja menambahkan, Pemkot hanya memfasilitasi sekolah-sekolah untuk memberikan informasi kepada siswa yang berminat menjadi tenaga pendidik. "Kami telah melakukan pertemuan dengan para guru dan kepala sekolah di Ambon, untuk menyampaikan informasi program beasiswa UPH dan diharapkan terjaring para calon tenaga pendidik dengan prospek membangun pendidikan di Maluku, khususnya kota Ambon di masa mendatang," kata Papilaja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement