Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Landasan Terkelupas, Bandara Selaparang Ditutup

Ahad 30 Jan 2011 22:46 WIB

Red: Stevy Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM-- Bandara Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup sementara akibat sebagian landasan pacu rusak yang dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

"Untuk sementara ditutup, jika sudah selesai perbaikan akan dibuka kembali," kata petugas bagian informasi Bandara Selaparang, Aza di Mataram, Ahad.

Menurut informasi, landasan pacu (runway) Bandara Selaparang mengelupas sepanjang tujuh meter dengan lebar delapan meter di dekat salah satu ujung landasan.

Terkelupasnya landasan pacu tersebut diketahui sekitar pukul 16.00 Wita setelah keberangkatan pesawat Garuda sekitar pukul 15.00 Wita.

Hingga kini belum diketahui penyebab mengelupasnya sebagian landasan pacu tersebut. Namun, akibat kondisi tersebut, Bandara Selaparang tertutup untuk semua penerbangan.

Dengan kejadian tersebut, ratusan calon penumpang pesawat dari Bandara Selaparang menuju sejumlah tujuan, seperti pesawat Garuda tujuan Denpasar dan pesawat Lion Air tujuan Surabaya, dibatalkan keberangkatannya.

Bahkan sejumlah calon penumpang Garuda terlihat menguangkan kembali tiket yang sudah mereka beli. Menurut informasi, Garuda tidak akan melayani penerbangan dari dan ke Bandara Selaparang hingga 1 Februari 2011, kata seorang penumpang tujuan Denpasar.

Sementara itu, ratusan calon penumpang Lion Air tujuan Surabaya hingga Minggu malam belum memperoleh kejelasan dari maskapai tersebut mengenai jadwal keberangkatannya.

Jumlah penerbangan dari dan ke Bandara Selaparang mencapai 20 kali dalam sehari. Penerbangan yang melayani penerbangan dari Bandara Selaparang diantaranya Garuda, Merpati, Lion Air dan Trigana Air.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA