Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Raja Arab Saudi Dianggap Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Rabu 15 Dec 2010 03:25 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN--The Royal Islamic Strategic Studies Center di Amman, Yordania, bekerja sama dengan Pusat Pemahaman Muslim-Kristen Pangeran Alwaleed Bin Talal, Universitas Georgetown, AS, untuk kali kedua mengeluarkan daftar 500 tokoh Muslim ternama dunia tahun 2010. Sebelumnya, pada tahun 2009, kedua lembaga itu mengeluarkan daftar serupa dan menempatkan Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz al Saud, sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh. Untuk tahun ini, Raja Arab Saudi masih menempati urutan pertama disusul Perdana Menteri Turki, Reccep Tayyip Erdogan.

Seperti diberitakan, Islamtoday.net, tokoh lain yang diketahui masuk daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh adalah Sheikh Salman al-Qadah, seorang sarjana dan pendidik asal Arab Saudi yang menempati posisi 19. Salman dinilai sebagai tokoh berpengaruh lantaran gigih menyebarkan rasa cinta dan kasih sayang untuk melawan berbagai tindakan kekerasan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini daftar 500 tokoh Muslim paling berpengaruh tidak terjadi pemisahan gender. Perubahan lain, peringkat tokoh Muslimah digabungkan dengan peringkat tokoh pria. Sementara pemisahan hanya dibuat berdasarkan kategori bidang atau keahliannya, seperti bidang ilmiah, media, kepemudaan, serta seni dan budaya.

 

Cortesy Youtube

Sumber : Alarabiya

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA