Jumat 14 Jan 2011 22:06 WIB

Gamelan dan Batik Antarkan Indonesia Juara di Skandinavia

Gamelan (Illustrasi)
Foto: THEBRIDGEPAI.COM
Gamelan (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO-- Paviliun Indonesia di pameran pariwisata terbesar di Skandinavia yang digelar di gedung pameran "Norges Varemesse", Lillestrom, Norwegia berhasil meraih penghargaan sebagai peserta internasional terbaik di Reiseliv 2011.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Panitia penyelenggara Reiseliv 2011, Torill Engelberg kepada Koordinator Umum Paviliun Indonesia, Wening Esthyprobo dalam satu acara "AfterSix Party at Wallmans Salonger", Kamis malam.

Menurut dia, pavilion Indonesia yang bernuansa Jawa dengan dominasi batik itu memiliki ciri khas unik dan autentik, serta berhasil menarik perhatian para pengunjung terutama dengan tampilan seperangkat gamelan Jawa dan juga peragaan proses membatik.

Diakuinya paviliun Indonesia merupakan anjungan yang sangat indah dengan sentuhan yang sangat personal dengan produk pariwisata yang merefleksikan penampilan berbagai daerah tujuan wisata, dan tidak akan dapat ditemui di internet, ujarnya.

Sementara itu Minister Consular KBRI Oslo, Wening Esthyprobo mengatakan sangat bangga Indonesia meraih penghargaan sebagai peserta terbaik internasional dalam pameran pariwisata Reiseliv yang diikuti untuk kelima kalinya itu.

"Saya terharu," ujar Atase Ekonomi yang juga merangkap Head of Consular (HOC) KBRI Oslo.

Dikatakan, anjungan Indonesia yang berukuran 13 kali tiga meter itu meski dengan penampilan sangat sederhana dibanding stand peserta lainnya yang dibangun oleh kontraktor dan didukung oleh brosur yang berkubik-kubik, sementara Indonesia hanya mendapatkan sisa brosur London.

KBRI Oslo senantiasa berupaya melakukan berbagai usaha dalam upaya menarik wisatawan asal Norwegia yang cukup kaya dan jumlahnya mencapai tujuh juta wisatawan, sementara penduduknya hanya sekitar empat juta. Hal ini berarti dalam setahun wisatawan Norwegia yang melakukan perjalanan keluar negeri lebih dari dua kali.

Menurut data statistik Norwegia, sebanyak 21,2 juta orang Norwegia melakukan perjalanan wisata pada 2009, sementara 31 persen berwisata ke luar negari, sebagian besar masih ke Swedia, Denmark dan Spanyol. Rata-rata turis Norwegia membelanjakan 2.132 dolar AS dengan lama tinggal rata-rata 12 hari. Sementara pendapatan perkapita orang Norwegia per tahun mencapai 80 ribu dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement