Jumat 07 Jan 2011 08:45 WIB

Medan Masih Dibayangi Banjir Kiriman

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Banjir kiriman yang terjadi dibeberapa titik di Medan akibat meluapnya Sungai Deli dan Sungai Babura diperkirakan masih akan terjadi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara Cabang Polonia Medan, Firman, di Medan, Kamis (6/1), mengatakan, kemungkinan banjir kiriman tersebut akibat intensitas curah hujan di daerah pegunungan masih tinggi.

"Misal, seperti daerah Tanah Karo dan Berastagi sekitarnya dan ini kemungkinan masih terus terjadi hingga akhir Januari 2011," katanya.

Ia mengatakan, kondisi itu terjadi karena adanya gangguan cuaca di Selat Malaka yang membuat awan confeksi menjadi aktif dan curah hujan disertai petir.

"Kalau kita lihat, kejadian banjir tadi pagi yang membuat sebagian warga terpaksa mengungsi ketempat yang agak lebih tinggi, ini dikarenakan curah hujan dipegunungan tinggi mencapai 89 mm," kata Firman.

Tidak hanya itu saja, BMKG memprediksi curah hujan di pegunungan akan terjadi titik puncak curah hujan diatas 100 mm.

"Soal kapan besarnya curah hujan yang terjadi, kita tidak tahu secara jelas. Namun yang pasti kita harapkan seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Medan wajib melakukan antisipasi guna meminimalisir terjadinya korban jiwa," katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement