Selasa 28 Dec 2010 04:59 WIB

Cuaca Buruk, Tiga Kapal Kandas di Perairan Merak

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Siwi Tri Puji B
Kapal berlabuh di Merak (Ilustrasi)
Foto: infocilegon.blogspot.com
Kapal berlabuh di Merak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON--Cuaca buruk disertai gelombang tinggi menyebabkan tiga kapal yang melakukan lego jangkar di Perairan Merak, Kota Cilegon, Banten kandas. Ketiga kapal yang kandas itu adalah kapal Roll on  -Roll off (ro-ro) Rosmala, MP Legacy, dan Kapal Tangker Mellysa.

Kapal kandas itu saat itu kondisi cuaca di Perairan Merak tengah diterjang angin kencang dan ombak dengan ketinggian empat meter. Tiga kapal yang sedang melakukan lego jangkar sekitar dua kilometer dari Kawasan Pelabuhan Merak tersebut langsung terbawa hingga ke pesisir Pantai Merak tepatnya di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Pulau Merak, Kota Cilegon.

Kapal - kapal yang kandas itu, kemudian langsung dievakuasi oleh pemilik kapal. Kapal Rosmala dan MP Legacy berhasil dievakuasi Senin (27/12). Sedangkan, untuk Kapal Tangker Mellysa, hingga kini belum bisa dievakuasi.

 

Kepala Bidang Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Administrator Pelabuhan Kelas I Banten, Slamet Atmodjo, mengatakan, kapal kandas itu terjadi pada Minggu (26/12) malam. Saat itu,  kecepatan angin di Perairan Merak mencapai 35 knot dan ketinggian ombak mencapai 4 meter. “Kapal – kapal yang kandas ini dipicu oleh cuaca buruk,” ujar Slamet Atmodjo. Senin (27/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement