Jumat 24 Dec 2010 05:00 WIB

Penumpang Naik, ASDP Tambah Armada Ferry

Rep: mursalin yasland/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Memasuki musim liburan sekolah dan libur panjang akhir tahun 2010, terjadi peningkatan jumlah penumpang kapal feri di perairan Selat Sunda sebesar 25 persen. Pengelola pelabuhan Bakauheni dan Merak menambah jumlah armada kapal menjadi 20 unit kapal.

“Ada peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan sekitar 25 persen dari hari-hari biasa,” kata Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Bakauheni Lampung, Zailis Anas.

Ia memprediksi peningkatan kembali akan terjadi pada libur panjang akhir pekan mulai Jumat hingga Ahad malam, sehubungan dengan libur nasional. Jumlah penumpang kapal feri (roll on roll off), baik yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung) tujuan Merak (Banten) dan sebaliknya, akan terjadi pada malam hari.

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan ini akan berakhir hingga tanggal 1 Januari 2011. Untuk melayani tingginya penumpang dan kendaraan, PT ASDP mengoperasikan sebanyak 20 armada untuk melayani penyeberangan, agar tidak terjadi penumpukkan di pelabuhan.

Mengenai kondisi cuaca di perairan Selat Sunda, ia menyatakan masih dalam kondisi normal, meski pada saat-saat tertentu terjadi perubahan, pihaknya selalu memantau kondisi cuaca. Gelombang laut yang tidak menentu selama ini masih bisa diatas kapal yang berlayar.

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menambah personel dan posko pengamanan khusus di Pelabuhan Bakauheni untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan pada liburan akhir tahun 2010.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Sulistyo Ishak, menyatakan telah menyiapkan posko pengamanan dengan unit khusus seperti penjinak bom, dan penembak jitu, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang mengarah pada gangguan keamanan melalui pelabuhan tersebut

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement