Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Perompak Somalia

Kapal M/V Renaur Dibajak, 24 Pelaut Filipina Disandera

Rabu 15 Dec 2010 02:52 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA--Para perompak Somalia, menahan sebuah kapal berbendera Panama milik Yunani "M/V Renaur" pekan lalu (11/12) dengan 24 pelaut Filipina sebagai awaknya, kata Departemen Luar Negeri Filipina dalam laporannya.

Kapten Gaudencio Collado, perwira penghubung Filipina untuk Pasukan Gabungan Maritim yang bermarkas di Manama, telah diinstruksikan untuk membantu upaya-upaya menyelamatkan kapal yang dilakukan oleh Pasukan Angkatan Laut Uni Eropa (EU NAVFOR).

Peristiwa itu membuat lebih dari seratus pelaut Filipina, dari delapan kapal yang berbeda, disandera oleh para perompak Somalia, kata Departemen Luar Negeri.

MV Renaur sedang dalam perjalanan ke Fujirah di Uni Emirat Arab ketika pihaknya dibajak pada 11 Desember sekitar 1.050 mil laut di timur Somalia, di Lautan Hindia.

Laporan-laporan terakhir mengindikasikan kapal tersebut sedang dialihkan oleh para penculik ke Somalia. Mereka sebenarnya berasal dari Port Louis di Mauritius.

Collado juga untuk menyampaikan kepada UE NAVFOR bahwa perhatian terpenting pemerintah Filipina adalah keselamatan para awak Filipina, menurut Kementerian Luar Negeri.

sumber : Ant
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA