Selasa 30 Nov 2010 00:53 WIB

Temperatur Bumi Bakal Naik 4 Derajat Celcius Hingga 2060

REPUBLIKA.CO.ID, CANCUN--Suhu bumi bisa melambung hingga 4 derajat Celcius pada 2060 dalam kasus terburuk dari perubahan iklim global dan memerlukan investasi tahunan sebesar  270 miliar dolar AS hanya  untuk membendung naiknya permukaan air laut.  Kondisi ini akan mengancam persediaan makanan dan air di banyak belahan dunia.

Kajian, diterbitkan bertepatan dengan  pembicaraan iklim tahunan PBB di Meksiko yang  dimulai pada hari Senin. Beberapa peneliti telah memeriksa secara detail kemungkinan dampak kenaikan 4 derajat C di atas tingkat pra-industri.

Studi ini meyakinkan studi yang diterbitkan sebelumnya dalam jurnal Inggris Philosophical Transactions of the Royal Society A, menyebut suhu dapat meningkat sebesar 4 derajat C dalam kasus terburuk pada awal 2060.

Upaya menurunkannya bukan hal gampang. Meningkatnya emisi gas rumah kaca dekade ini membuat penurunan 2 derajat Celcius sangat sulit, boleh dibilang mustahil. Karenanya, bila tak ada upaya apapun, maka naiknya suhu 4 derajat Celcius bisa lebih cepat, tampa harus menunggu 2060.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement