Sabtu 27 Nov 2010 07:08 WIB

Wah, 2011 Kemenkes Tanggung Seluruh Biaya Persalinan Ibu Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2011 akan menanggung seluruh biaya persalinan mulai dari sebelum, saat, hingga setelah persalinan bagi ibu yang sedang hamil. Syaratnya, proses persalinan itu dilakukan di rumah sakit kelas III atau puskesmas.

“Kami menjamin akan menanggung biaya persalinan mulai dari pemeriksaan sebanyak empat kali sebelum persalinan, saat persalinan, dan tiga kali kontrol setelah persalinan,” kata Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medis Kemenkes, Supriyantoro, usai menjadi pembicara dalam Rapat Paripurna Revitalisasi Program Keluarga Berencana Kesehatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jumat (26/11).

Kemenkes meluncurkan 'Program Jaminan Persalinan' untuk menekan angka kematian ibu bersalin. Saat ini Kemenkes mencatat jumlah kematian ibu masih di atas 228 orang per 100 ribu penduduk. “Jumlah itu masih sangat tinggi. Dengan program ini kami berharap bisa menekan hingga 118 per 100 ribu penduduk,” kata Supriyantoro.

Mekanisme pemberian jaminan persalinan ini diberikan seperti jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Dana yang dikeluarkan untuk program ini diperkirakan mencapai Rp 2,3 triliun.

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief mengatakan, program persalinan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas kelahiran penduduk tanpa meningkatkan jumlah penduduk.

sumber : kominfo-newsroom
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement