Rabu 24 Nov 2010 05:58 WIB

Pembangunan Huntara di Wasior Sudah 60 Persen

Rep: andi nur aminah/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR-–Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menyatakan, penanganan tanggap darurat di sejumlah lokasi bencana sudah cukup bagus. Bahkan untuk program tanggap darurat dengan relokasi warga di Wasior sudah hamper rampung. Salim mengatakan, pembunan hunian sementara (Huntara) di lokasi banjir bandang Wasior kini sudah mencapai 60 persen.

Menurut Salim,  penyelesaian pembangunan huntara di Wasior akan segera dituntaskan pada 25 Desember. ‘’Huntara di Wasior tinggal 40 persen. Satu rumah anggarannya mendekati Rp 90 juta, cukup besar,’’ ujar Salim di sela acara pemberian bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Makassar, Selasa (23/11).

Untuk Merapi, menurutnya, hingga saat ini masih dalam tahap tanggap darurat. Dalam proses tanggap darurat ini, yang dibutuhkan adalah relokasi dan kecukupan makanan. ‘’Kami sudah lihat, semuanya sudah cukup,’’ ujarnya.

Sedangkan untuk Mentawai, relokasi warga di sana akan dilakukan di lokasi yang tak jauh pemukiman warga sebelumnya. Menurutnya, relokasi warga di Mentawai itu tidak di bibir pantai tapi di ketinggian 30 hingga 40 meter.  ‘’Huntara yang dibangun tidak jauh, kalaupun terjadi tsunami berikutnya, sampai ketinggian 30 meter, insya Allah masih aman,’’ ujar Salim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement