Senin 08 Nov 2010 11:30 WIB

Ana Ivanovic Juara di Nusa Dua Bali

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA--Petenis Serbia, Ana Ivanovic, menjuarai turnamen Commonwealth Bank Tournament of Champions 2010 di Nusa Dua, Bali, Ahad (7/11). Kepastian ini diperoleh setelah ia mengalahkan petenis Rusia Alisa Kleybanova, 6-2, 7-6 (5).

Ivanovic membutuhkan waktu satu jam 46 menit untuk mengalahkan petenis putri Rusia peringkat 27 dunia itu di lapangan tenis indoor Bali International Convention Center.

Di hadapan penonton yang sebagian besar mendukungnya, Ivanovic yang lolos ke Bali pada saat-saat akhir setelah juara di Linz bulan lalu itu, mematahkan servis Kleybanova pada game keenam dan kedelapan untuk memenangi set pertama 6-4.

Pada set kedua, kedua pemain saling mematahkan servis untuk membuat kedudukan 2-2. Setelah itu keduanya mampu mempertahankan servis masing-masing.

Ivanovic yang baru saja berulang tahun ke-23 mendapat peluang menutup pertandingan saat ia memimpin 5-4, namun ia tidak mampu menekan Kleybanova yang mampu mempertahankan servisnya dan menyamakan kedudukan 5-5.

Ivanovic kembali mendapat peluang ketika ia menghasilkan "ace" dan memimpin 6-5, namun lagi-lagi dengan permainannya yang agresif Kleybanova mampu bertahan untuk memaksakan "tiebreak" yang dimenangi Ivanovic 7-5.

"Pada set pertama saya bermain terlalu agresif dan terburu-buru sehingga banyak mati," ujar Kleybanova yang mengalami kekalahan ketiga berturut-turut dari Ivanovic setelah kalah di Stanford dan Tokyo tahun ini.

Kleybanova menilai pada final turnamen berhadiah total 600 ribu dolar AS itu, permainan Ivanovic nyaris sempurna sehingga memberinya banyak tekanan. "Ia juga mampu mengembalikan servis saya dengan sempurna," tambah petenis Rusia itu.

Sementara Ivanovic mengaku senang bisa memenangi partai final. "Luar biasa, saya sangat gembira, itu pertandingan yang sangat bagus. saya kira kedua pemain memainkan tenis yang sangat bagus sejak poin pertama, saya sangat menikmati," ujar mantan petenis nomor satu dunia itu.

Petenis yang saat ini menempati peringkat 24 dunia itu mengaku berusaha tetap tenang menghadapi Kleybanova dan fokus pada servis game nya untuk meraih kemenangan.

Berkat kemenangan tersebut, Ivanovic berhak mendapat hadiah uang 210 ribu dolar AS dan tambahan poin 375 yang kemungkinan akan meningkatkan peringkatnya menjadi 17 dunia ketika peringkat baru diumumkan, Senin (8/11). Juara kedua dan ketiga masing-masing mendapat hadiah 120ribu dolar AS dan 70 ribu dolar AS.

"Hebat sekali (kembali ke 20 besar) karena itu salah satu target ketika datang ke mari. Itu posisi bagus untuk memulai musim depan," kata Ivanovic.

Sementara itu, petenis Jepang Kimiko Date-Krumm menempati posisi ketiga setelah mengalahkan pemain Rusia, Daniela Hantuchova 7-5, 7-5.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement