Jumat 05 Nov 2010 23:50 WIB

Dorong Penetrasi Internet, XL Gandeng APJII

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata menjalin kerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam membangun platform penggunaan IPv6. Penandatanganan kerjasama di lakukan di Jakarta, Kamis (4/11), oleh Direktur Network XL, Dian Siswarini , dan  Ketua Umum APJII, Roy Rahajasa Yamin.

Direktur Network XL, Dian Siswarini menyatakan bahwa dalam membangun layanan akses internet yang berkualitas dan menyeluruh, maka semua pihak yang berkompeten di bidang ini,  harus bersatu untuk mewujudkannya. '' Salah satu langkah yang kini mulai kami tempuh adalah mendorong penggunaan platform IPv6 untuk meningkatkan penetrasi Internet di Indonesia,” katanya.

Kerjasama antara XL dengan APJII meliputi penyediaan 2 unit Router Juniper M7 yang akan di gunakan untuk Gateway IPV6-APJII & Gateway IIX-APJII, serta 2 unit Switch Force 10 yang akan di gunakan untuk switch di stribution IPV6-APJII & switch di stribution IIX-APJII.

Dengan tersedianya perangkat-perangkat tersebut ada dua manfaat yang bisa di peroleh oleh APJII, yaitu terse di anya kapasitas bandwidth yang lebih besar yang dapat di salurkan untuk layanan Internet di jaringan IIX-APJII, serta kemudahan untuk mengimplementasikan IPv6-APJII.

Dian menambahkan, sejak saat ini hampir seluruh perangkat baru/device akan berbasis pada platform IPv6. Penggunakan platform IPv6 ini mau tidak mau harus di lakukan juga di Indonesia sejalan dengan trend yang terja di di seluruh dunia ke arah Integrated Mobile Communication.

Sementara itu, Isnawan, Ketua Bidang IIX APJII mengatakan, bahwa dengan adanya penambahan router dan switch dari XL tersebut akan mampu meningkatkan kapasitas dan kinerja IIX-APJII, yang tentunya akan menstimulasi tumbuh kembangnya industri Internet di Indonesia.

 Akses internet yang berkualitas dan terintegrasi serta jaringan yang terus meluas ke pelosok-pelosok tanah air akan dapat mendorong kemajuan di berbagai bidang, termasuk antara lain pendidikan, kesehatan, serta usaha kecil menengah masyarakat.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement