Rabu 03 Nov 2010 04:02 WIB

RSJ Magelang Merawat Seorang Pengungsi Merapi

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG--Rumah Sakit Jiwa "Prof. dr. Soeroyo" Kota Magelang, Jawa Tengah, merawat seorang pasien pengungsi Gunung Merapi yang kambuhan gangguan jiwa.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Hukum RSJ "Prof. dr. Soeroyo Kota Magelang", Syaiful, di Magelang, Selasa, tidak bersedia menyebut secara rinci identitas pasien yang berasal dari salah satu lokasi pengungsian di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang itu.

Pasien itu, katanya, pernah menjalani perawatan di RSJ setempat beberapa waktu lalu dan setelah sembuh boleh pulang ke rumahnya. Saat terjadi letusan Merapi belum lama ini, katanya, dirinya bersama warga desanya mengungsi di salah satu lokasi.

Ia menyatakan, pasien itu tidak mengalami stres saat di pengungsian, tetapi memang kambuhan. "Bukan karena stres, tetapi memang kambuhan," katanya.

Laporan yang diterima dari Tim Penanggulangan Bencana Bidang Penanganan Trauma RSJ "Prof. dr. Soeroyo Magelang", katanya, antara lain menyebutkan bahwa bencana letusan Merapi meninggalkan trauma bagi anak dan orang tua.

Ia mengakui bahwa warga yang terpaksa tinggal di pengungsian umumnya mengalami stres ringan antara lain berupa sikap yang mudah marah dan tersinggung. "Mereka biasanya setiap hari bekerja dan berkumpul keluarga dengan tenang, tetapi kini harus hidup di pengungsian dengan kegiatan yang tidak jelas. Kondisi pengungsian tentu berbeda dengan di rumah," katanya.

Ia menjelaskan, tim RSJ "Prof. dr. Soeroyo Magelang" telah memberikan pelayanan kepada warga Merapi di sejumlah lokasi pengungsian terutama menyangkut penanganan pemulihan psikis mereka. Pelayanan yang diberikan tim itu kepada pengungsi antara lain untuk memberikan semangat dan menyembuhkan trauma akibat bencana letusan Merapi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement