Sabtu 16 Oct 2010 05:02 WIB

Pisang Tongka Langit Maluku Bisa Hilangkan Demam

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Pisang Tongka Langit yang berasal dari Maluku  berkhasiat menurunkan demam serta dapat digunakan sebagai pencuci perut. "Pisang tongka langit ini mempunyai banyak khasiat dan kegunaan mulai dari sebagai obat hingga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue," kata Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Husni, di Yogyakarta, Jumat (15/10).

Di sela-sela kegiatan pasar tani di Yogyakarta, 15-17 Oktober 2010, ia mengatakan, pisang tongka langit ini juga dibudidayakan sebagai bahan baku pembuatan kue dan jenis camilan lainnya. "Pisang tongka langit ini diolah menjadi tepung pisang yang pada hasil akhirnya digunakan untuk membuat cake pisang serta keripik pisang," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan pisang tongka langit ini berkhasiat meningkatkan stamina para kaum pria. "Sejumlah kaum pria di Maluku menyakini jika pisang tongka langit ini berkhasiat dapat meningkatkan stamina kaum pria dan hal itu sudah diyakini sejak dari nenek moyang terdahulu," katanya.

Sementara itu, Husni mengatakan pisang tongka langit ini merupakan salah satu di antara jenis-jenis pisang di Maluku dengan spesifik dan buah yang cukup baik. "Pisang tongka langit ini umumnya tumbuh subur dan penyebarannya di Pulau Ambon, Sapurua, Haruku, Nusalaut dan Seram," katanya.

Ia mengatakan, jenis pisang tongka langit ini berbeda dengan jenis pisang pada umumnya mulai dari buah dan tinggi tanamannya. "Ukuran pisang tongka langit dari segi tanaman dan buahnya memiliki ciri khas tersendiri. Pada pisang tongka langit buahnya cenderung amat besar dengan panjang buah 17-23 centimeter dengan berat sekitar 250-300 gram. Sedangkan untuk tinggi mencapai 5- 7 meter tergantung kesuburan tanah," katanya.

Sementara itu, untuk budidaya pisang tongka langit ini tidak dapat tumbuh di sembarang lahan. "Pisang ini akan tumbuh subur pada tanah dengan tekstur liat dengan topografi standar dan bergelombang dengan ketinggian 0-400 meter di atas permukaan laut dan kemiringan 4-15 persen serta tingkat keasaman tanah sekitar 4,5-7,3," katanya.

Husni juga mengatakan, pisang tongka langit ini berbuah sepajang musim dengan masa umur produksi sekita 1-1,5 tahun. "Sedangkan untuk umur panen yakni 7 bulan setelah berbunga dengan warna buah ketika sudah masak yakni merah-orange," katanya.

Pada umumnya, Husni mengatakan harga jual pisang tongka langit di pasaran Maluku antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per sisir. "Hingga saat ini pisang tongka langit ini masih dipasarkan di kawasan Ambon dan sekitarnya saja," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement