Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Jemaah Haji yang Meninggal Dimakamkan di Makkah

Rabu 13 Oct 2010 21:49 WIB

Red: Djibril Muhammad

Jamaah haji Thailand

Jamaah haji Thailand

Foto: Washington Post

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH--Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Haji Subhan Cholik membenarkan bahwa setiap calon atau haji-haji yang meninggal dimakamkan di Makkah, sedangkan pembayaran asuransinya diselesaikan usai jemaah haji seluruhnya kembali ke tanah air. "Sesuai prosedur yang ada jamaah yang meninggal akan dimakamkan di Makkah," kata Subhan, di Jeddah, Rabu (13/10).

Apakah yang bersangkutan sudah berada di tanah suci atau masih dalam perjalanan ke Jeddah, bila meninggal akan dimakamkan di Makkah, katanya lagi. Seorang calon haji Indonesia wafat dalam perjalanan di pesawat udara dari Bandara Polonia Medan menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Calon haji tersebut adalah Siswanto Usi, umur 52 tahun, asal Medan, Sumatera Utara. Almarhum Siswanto akan dimakamkan di Makkah, kata Subhan Cholik menjelaskan. Penyebab meninggalnya calon haji tersebut masih diperiksa secara medis.

Karena itu, Kepala Daerah Kerja atau Daker Jeddah Ahda Barori belum bisa memberikan keterangan penyebab meninggalnya Siswanto. Siswanto terbang dengan pesawat Garuda Indonesia GA 3110. Pesawat yang membawa jamaah sebanyak 455 orang termasuk Siswanto bertolak dari Bandara Polonia pukul 14.00 WIB, Selasa (12/10).

Pesawat mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah sekitar pukul 19.00 waktu Arab Saudi. Calon haji dari Indonesia pada tahun 2010 mencapai kurang lebih 221.000 orang dan ditambah 3500 petugas haji . Kuota itu merupakan satu per mil dari jumlah penduduk satu negara.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA