Kamis 14 Oct 2010 02:26 WIB

Chevron Bagi-bagi 3.084 Komputer di Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--PT Chevron Pasific Indonesia bagi-bagi sebanyak 3.084 komputer untuk sekolah dan institusi pendidikan di Provinsi Riau. Distribusi komputer ke sekolah dan instansi pendidikan di Provinsi Riau resmi dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PT CPI dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu (13/10).

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama melalui pendidikan merupakan salah satu fokus program pengembangan masyarakat di CPI," kata Djati Susestya, general manager Policy Government and Public Affairs PT CPI.

Karena itu, pihaknya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah yang mendukung program yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Chevron ini. Komputer-komputer yang habis masa kontraknya untuk operasi CPI itu masih layak pakai dengan spesifikasi pentium-4.

Program semacam ini diharapkan mampu meningkatkan akses pengetahuan dan keterampilan para siswa di sekolah-sekolah di sekitar wilayah kerja Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang berada di bawah koordinasi BP Migas. Seluruh komputer tersebut akan dilengkapi perangkat lunak yang disediakan oleh Asosiasi Open Source Indonesia.

"Komputer- komputer itu akan bermanfaat jika digunakan sebagai sarana untuk mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi yang pada gilirannya mampu meningkatkan daya saing dan kualitas para siswa di Riau," lanjut Djati.

Untuk mendukung program ini, pihak Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan bagi para guru dari sekolah yang menerima bantuan komputer ini. Pemilihan sekolah yang menerima hibah ini sepenuhnya menjadi wewenang Dinas Pendidikan Provinsi Riau dengan mempertimbangkan kesiapan masing-masing sekolah agar program ini memberikan manfaat optimal. Tiap sekolah akan menerima 23 unit komputer.

Program semacam ini pernah dilakukan CPI pada 2001 ketika menyalurkan lebih dari 2.000 unit komputer ke berbagai SMA, perguruan tinggi dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau serta kelengkapan laboratorium komputer di berbagai SMA di Provinsi Riau. Bantuan itu menjadi langkah awal untuk membangun infrastuktur teknologi informasi di lingkungan sekolah Di Riau.

Tahun ini selain Provinsi Riau, Chevron juga mendonasikan sekitar 1.600 komputer kepada institusi pendidikan di sekitar wilayah operasi Chevron lain di Indonesia. Komputer-komputer itu didistribusikan di Jakarta dan Jawa Barat sebanyak 900 unit serta Kalimantan Timur 700 unit.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement