Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Menkes Janjikan Seluruh Calon Haji Divaksin Meningitis ( Halal)

Rabu 18 Aug 2010 01:19 WIB

Rep: c13/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah sudah memulai langkah awal pengadaan vaksin meningitis produksi Novartis. Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaku sudah mengajukan tawaran kepada Novartis.

"Penawaran sudah disampaikan dan sekarang menunggu penetapan anggarannya," ujar Dirjen Bina Farmasi dan Alat Kesehatan (Binfar dan Alkes) Kemenkes, Sri Indrawati dalam pesan singkatnya kepada Republika, Selasa (17/8). Dia mengungkapkan, harga vaksin meningitis produksi Novartis jauh lebih mahal dari vaksin meningitis dari GlaxoSmithKline (GSK).

Harga per dosis vaksin meningitis GSK adalah Rp 110 ribu per dosis. Sedangkan vaksin dari Novartis mencapai Rp 236 ribu per dosis. Pemerintah membutuhkan kurang lebih 300 ribu dosis untuk jamaah haji tahun ini. Sebelumnya, pihak Kemenkes mengungkapkan telah menyiapkan dana Rp 54 miliar untuk pengadaan vaksin.

Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih menjanjikan pihaknya akan menyelesaikan pengadaan pada akhir September. "Pokoknya akhir September semuanya sudah selesai," kata Endang, Senin (16/8).

Dia menuturkan, dalam proses pengadaan vaksin tidaklah mudah. "Harus ada proses administrasi yang harus dilalui, dan lagi saat ini kan vaksinnya ada di luar negeri," paparnya. Namun dia memastikan sebelum berangkat, para jamaah haji akan disuntik vaksin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA