Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Pembangunan Rel Kereta Ganda Petuguran-Kretek Dikebut

Selasa 05 Oct 2010 02:08 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Kereta api

Kereta api

Foto: Wahyu Putro/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--PT Kereta Api Indonesia mengebut pembangunan rel ganda ruas Patuguran-Kretek di wilayah Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah, untuk meminimalkan kecelakaan kereta, kata Kepala Humas Daop V Purwokerto Surono. "Pembangunan rel ganda pada ruas tersebut memang sempat terhenti pada masa angkutan Lebaran 2010," kata Surono di Purwokerto, Senin. Setelah masa angkutan Lebaran selesai, pembangunan rel ganda sepanjang 6,6 kilometer tersebut dilanjutkan kembali.

Menurut dia, pembangunan rel ganda Patuguran-Kretek merupakan bagian dari proyek jalur ganda Patuguran-Prupuk sepanjang 32,1 km. "Tahap awal yang dikerjakan tahun 2010 ini adalah ruas Patuguran-Kretek, selanjutnya ruas Linggapura-Prupuk dilaksanakan tahun 2011," katanya.

Ia mengatakan, proyek  double track  tersebut dilaksanakan oleh Satuan Kerja Kroya-Cirebon dengan panjang jalur rel ganda 158 km. "Dari jalur sepanjang 158 km tersebut, yang telah selesai pengerjaannya adalah ruas Purwokerto-Patuguran sepanjang 25 km," katanya. Selain untuk mempercepat perjalanan KA, rel ganda diharapkan menjamin keamanan perjalanan kereta sehingga meminimalkan kecelakaan, sambungnya.

Menurut dia, pembangunan rel ganda dilanjutkan pada ruas Kroya-Kutoarjo jika ruas Kroya-Cirebon telah selesai. "Saat ini berbagai persiapan telah dilaksanakan, salah satunya pembebasan lahan," katanya.

sumber : Ant
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA