Jumat 01 Oct 2010 02:46 WIB

Mahasiswa ITS Luncurkan Game Perjuangan

Rep: erik purnama putra / Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil menciptakan permainan edukasi bertema perjuangan bernama P10NER (Pertempuran 10 November). Permainan P10NER sarat dengan momen historikal sebab menampilkan banyak video peperangan, yang sengaja dibuat untuk menimbulkan kesan sekaligus semangat perjuangan pahlawan kemerdekaan.

Felix Handani, programmer permainan bergenre first person shooter tersebut menjelaskan alasan menciptakan permainan tersebut dimaksudkan sebagai sarana agar masyarakat mengingat kembali sejarah pertempuran 10 November, yang penuh nilai keteladanan. “Melalui game ini saya ingin memberikan pengaruh positif dengan menanamkan semangat kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya para pengguna yang ditargetkan para siswa,” terang mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2009 tersebut kepada wartawan di sela-sela launching game P10NER di Aula Jurusan Teknik Informatika ITS Kamis (30/9).

Sedangkan, Imam Kuswardayan, pembibing tim pengembang permainan P10NIR menjelaskan bahwa game tidak selalu berpengaruh buruk terhadap siswa, khususnya game bergenre edukasi. Mengingat secara tak langsung dan tak sadar telah memberikan transfer of knowledge positif kepada penggunanya. “Edukasi sangat baik jika disajikan dalam bentuk permainan. Karena hal itu lebih efektif daripada pengajaran konvensional di kelas,” tegasnya.

Perlu diketahui, permainan yang isinya merupakan peristiwa bersejarah pada tahun 1945 di Surabaya mulai dari perebutan bendera Hotel Oranye alias Yamato, terbunuhnya Jenderal Mallaby, Pertempuran 3 Hari, hingga pertempuran yang paling dahsyat tanggal 10 November 1945 di Jembatan Merah, tersebut nantinya akan diproduksi massal. Terdekat, permainan edukasi kepahlawanan tersebut akan diikutkan dalam pameran dan lomba Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2010 pada hari Rabu-Kamis (6-7/10) mendatang di Gedung Robotika ITS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement