Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Planet Jupiter dan Saturnus Main "Pinball" dengan Uranus?

Selasa 21 Sep 2010 19:04 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Saturnus Jupiter Uranus

Saturnus Jupiter Uranus

Foto: space.com

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Uranus mungkin telah dipukul bolak-balik antara Jupiter dan Saturnus sebelum direntangkan untuk lokasi yang sekarang. Demikian hasil simulasi antariksa terbaru menyebutkan.

Pemodelan sebelumnya telah menunjukkan bahwa Jupiter dan Saturnus pindah dari orbit awal mereka dalam tata surya awal, hamburan objek di dekatnya.

Dalam beberapa simulasi, hal ini menyebabkan Uranus persimpangan di jalan Saturnus, yang kemudian bisa melemparkannya ke Jupiter, yang melemparkan kembali ke Saturnus. Proses ini mungkin telah terjadi tiga kali sebelum akhirnya Uranus keluar dari jalur Saturnus, ke  tempat dimana sekarang berada. Hurling Uranus akan menyebabkan Jupiter dan Saturnus untuk mundur, mengalami pergeseran orbitnya.

simulasi Baru dipimpin oleh Alessandro Morbidelli dari Côte d'Azur Observatory di Perancis menunjukkan permainan pinball ini, yang akan hanya berlangsung selama 100 ribu tahun, cocok dengan pengamatan. Dalam sebuah skenario alternatif, Jupiter dan Saturnus pindah ke orbit mereka lebih dari 5 juta tahun hanya dengan melemparkan batuan ruang angkasa, tapi ini akan tampak tergores sabuk asteroid. "Evolusi planet raksasa telah lebih kejam dari yang kita duga," kata Morbidelli.
Listen.

sumber : Newscientist
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA