Rabu 15 Sep 2010 02:47 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Pelayanan Publik DKI Belum Normal

Rep: Muhammad Fakhruddin / Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, ke sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta gagal menemukan pegawai negeri sipil (PNS) yang mangkir tanpa keterangan di hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran. Mesti tak ditemukan PNS yang mangkir, namun pelayanan yang dilakukan Pemprov DKI belum terlihat normal.

Sidak dilakukan usai halal bihalal wakil gubernur bersama dengan para pejabat tinggi dan PNS yang ada di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (14/9). Dinas pertama yang ditinjau yaitu Dinas Pelayanan Pajak (DPP) di Gedung Dinas Teknis Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat. Saat memasuki gedung tersebut, Prijanto menanyakan kantor Pusat Layanan Informasi Pajak Daerah yang masih tutup, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 WIB. Biasanya kantor tersebut sudah harus beroperasi sejak pukul 08.00 WIB. "Ini kok masih tutup," tanya Prijanto kepada Iwan Setiawandi, kepala Dinas Pelayanan Pajak yang hanya bisa tersenyum.

Akhirnya kantor pusat pelayanan informasi pajak daerah tersebut buka sekitar pukul 10.00 WIB dan tiga karyawannya mulai bekerja. "Ini tadi (petugasnya) kemana?" tanya Prijanto. Lalu Iwan menjawab, "Ternyata tadi seluruh petugas lagi absen di atas.”

Setelah itu, Prijanto yang didampingi Inspektur Provinsi, Sukesti Martono, Asisten Tata Praja dan Aparatur, Fadjar Panjaitan, dan Kepala BKD DKI, Budhihastuti, melanjutkan sidak ke Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Pusat I dan Jakarta Pusat II. Kepala Dinas Pelayan Pajak DKI, Iwan Setiawandi, melaporkan total pegawai yang bekerja di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Pusat I terdapat 20 orang, namun yang hadir 19 orang, sedangkan satu orang tidak hadir karena sakit. Sedangkan total pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Pusat II ada 20 orang, yang hadir sebanyak 18 orang. Sisanya, satu pegawai sedang cuti dan seorang lainnya mengalami kecelakaan saat mudik.

Kemudian, Prijanto bersama rombongan menuju kantor Dinas Tata Ruang yang masih satu gedung dengan kantor DPP DKI Jakarta. Dia berkesempatan mengunjungi kantor Pemanfaatan Ruang Kota didampingi Kepala Dinas Tata Ruang, Wiriyatmoko. Seluruh pegawai di ruang kantor tersebut, sebanyak 33 PNS hadir semua dan tidak ada yang bolos. Selain itu, Prijanto juga mengunjungi Jakarta City Planning Gallery yang telah diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo beberapa waktu lalu.

Usai sidak di Gedung Dinas Teknis Jalan Abdul Muis, Prijanto langsung menuju Gedung Dinas Teknis Jalan Jatibaru, Jakarta Pusat. Di kawasan tersebut terdapat kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Badan Pertanahan Nasional DKI.

Saat tiba di Dinas PU DKI, Prijanto, disambut langsung Kepala Dinas PU DKI, Ery Basworo, dan langsung meninjau tiap ruang. Ery melaporkan, dari total jumlah PNS di Dinas PU DKI sebanyak 506 pegawai, yang masuk pada hari pertama kerja sebanyak 472 pegawai. Sisanya, sebanyak 25 pegawai mengambil cuti, tiga orang sakit, dua orang tugas belajar, dan empat orang terkena hukuman disiplin atau masih dalam proses peradilan. “Jumlah yang mengambil cuti cukup banyak, karena menyesuaikan instruksi gubernur yang memperbolehkan 5 persen dari total jumlah pegawai untuk mengambil cuti,” kata Ery kepada Prijanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement