Ahad 12 Sep 2010 05:28 WIB

Pengunjung Padat, Volume Sampah Ragunan Meningkat

Rep: c21/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Membludaknya pengunjung Taman Marga Satwa, juga membuat volume sampah di kebun binatang ini meningkat. Hal ini diakui oleh Kepala Bagian Humas dan Promosi Taman Marga Satwa Ragunan, Wahyudi Bambang, Sabtu (11/9). ''Volume sampah bahkan bisa mencapai 10 kali lipat hari biasa,'' katanya pada Republika.

Guna mengatasi ini, ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan puluhan personil kebersihan untuk mengangkut sampah yang ada. Mereka terdiri dari pekerja internal Ragunan ditambah dengan personil dari luar, yang berasal dari warga sekitar.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan area pengolahan sampah di selatan Ragunan. Dikatakannya, tempat pengolahan dibuat khusus dan jauh dari pengunjung.

Untuk sampah organik pengunjung, pihak Ragunan akan mengolahnya menjadi pupuk kompos. Sementara, sampah non organik akan didistribusikan ke beberapa pihak untuk dimanfaatkan kembali.''Selain itu kami juga akan melakukan pembakaran terhadap beberapa jenis sampah,'' jelasnya.

Wahyudi mengatakan selama lebaran, pihaknya akan mentolerir pengunjung yang membawa sampah styreofoam. '' Untuk sekarang, kami masih maklum. Tapi di hari biasa kami sudah konsisten untuk menghimbau warga agar tak membawa barang ini,'' tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement