Jumat 10 Sep 2010 05:39 WIB

Kapal Cepat Primadona Para Pemudik

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK--Menjelang satu hari lebaran, kapal cepat yang biasanya tidak diminati penumpang, kini menjadi pilihan pemudik. Salah satu keunggulan armada tersebut hanya butuh 50 menit untuk sampai ke Pelabuhan Bakuheni, Lampung dari Merak, Kota Cilegon.

"Perbedaannya sangat jelas sekali. Kalau kapal cepat hanya butuh waktu 50 menit sampai ke Bakauheni, sementara kapal Roro memerlukan waktu dua jam," kata Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Togar Napitupulu, Kamis.

Dia menjelaskan, kenyamanan kapal cepat dengan kapal roro sangat sulit disebutkan, alasannya, karena rasa aman dapat dinikmati langsung dari pribadi masing-masing. "Kalau rasa nyaman itu tergantung dari personal masing-masing. Mungkin ada orang yang tidak tahan berlama-lama dalam kapal selama dua jam, ada juga orang yang tidak nyaman, jika berada di atas kapal dengan kecepatan 28 knot," terangnya.

Namun dijelaskan oleh Togar, adanya keterlambatan penyeberangan kapal cepat sampai dua jam lebih pada siang hari, karena menunggu penumpang sesuai kapasitas kapal. "Kami tunggu dulu penumpang lainnya. Karena kalau kita paksakan berangkat dibawah kapasitas penumpang, maka kita akan mengalami kerugian," katanya menjelaskan.

Terpisah, Kepala Cabang PT ASDP Indoensia Ferry, Teja Suparna, mengatakan, selama arus mudik lebaran, pihaknya mengoperasikan 28 kapal roro dari 33 yang ada. Kapal yang disiapkan tersebut jadwal pemberangkatannya dipercepat 12 menit dari sebelumnya. "Kalau lama layar masih tetap dua jam, tetapi untuk bongkar muat, kami kurangi waktunya dari 60 menit menjadi 48 menit," kata teja.

Di Pelabuhan Penyeberangan Merak, saat ini hanya tersisa tiga kapal cepat, yang sebelumnya terdapat 12 buah. Ketiga kapal cepat yang masih beroperasi itu pertama, Pasca Dana 2, pemilik Pasca Dana GRT 108, kecepatan 18 knot dengan kapasitas penumpang 171 orang.

Kedua, kapal Alle Exspress IV, pemilik PT Timas S L, GRT 50, kecepatan 28 knot, kapasitas penumpang 159, dan yang ketiga kapal Citra Jet 02, pemilik PT Bahtera M S, GRT 81, kecepatan 28 knot, dengan kapasitas penumpang 156 orang, atau jika semuanya beroperasi dalam satu trip tiga kapal total penumpang yang berhasil dibawa sebanyak 486, atau kapasitas rata-rata per kapal 162 penumpang.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement