Ahad 05 Sep 2010 17:09 WIB

IDI: Susu Formula Jelas tak Sama dengan ASI

Rep: Prima Restri/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi. Karenanya pemerintah giat mensosialisasikan pemberian ASI esklusif selama enam bulan.

Tapi, saat ini ASI terdesak dengan susu formula. Padahal ASI tidak sama dengan susu formula.''Sampai saat ini, tidak ada satu pun susu formula terbukti secara ilmiah yang dapat menyamai ASI,'' tutur Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badriul Hegar, kepada Republika, Sabtu malam (4/9).

Tidak samanya ASI dengan susu formula mencakup komposisi kandungan maupun efek fisiologis yang dihasilkan. Hal ini, jelas Badriul, karena keunikan komposisi nutrisi ASI yang memang sulit untuk disamakan oleh kemajuan teknologi yang ada.

Sehingga susu formula bukan saingan atau tandingan ASI. Oleh karena itu masyarakat dan pihak terkait seharusnya memberikan kesempatan lebih besar kepada ibu untuk menyusui bayinya. Karena banyak bukti ilmiah menjelaskan efek positif ASI bagi bayi.

Susu formula memiliki keterbatasan sehingga efikasi (efek maksimal yang dapat dihasilkan) oleh bayi juga terbatas. Tidak seperti efikasi yang diperlihat oleh ASI. ''Walaupun begitu ada sekelompok kecil bayi yang karena keadaannya apakah dari bayi atau dari ibu menyebabkan ibu tidak dapat menyusui bayinya,'' jelas Hegar. Pada keadaan inilah sumber nutrisi alternatif selain ASI bisa dipertimbangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement