Sabtu 21 Aug 2010 03:48 WIB

Pintu Tol Semanggi I Ditutup

Rep: Abdullah Sammy / Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pintu masuk Tol Semanggi I resmi ditutup pada hari Jumat (20/8) sekitar pukul 15.00 WIB. Penutupan akses masuk tol di depan Plaza Semanggi itu dilakukan guna memperlancar arus lalu lintas di sepanjang jalur Gotot Subroto.

"Hari ini penutupan mulai dilakukan. Jenisnya masih uji coba," ujar petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Aipda Andreas Sitohang kepada sejumlah wartawan di depan gerbang masuk Tol Semanggi I.

Walau begitu, penutupan ini masih dalam tahap sosialisasi. Polisi memberlakukan sistem buka tutup selama proses penyesuaian. Terkait penutupan ini sejumlah masyarakat mengaku terganggu aktivitasnya. Beberapa pengendara bahkan memaksa menerobos pintu tol yang telah diisolir polisi. "Harusnya sosialisasi dulu, jangan main asal tutup," kata salah satu masyarakat, Arinta.

Dalam pengamatan Republika, penutupan pintu Tol Semanggi I belum berkontribusi banyak pada kelancaran jalur lalu lintas di Jalan Gatot Subroto. Sebaliknya, kemacetan justru mengular di jembatan Semanggi sebagai akibat dari banyaknya angkutan umum yang berhenti di tengah jalan.

Selain itu, akses keluar-masuk kendaraan dari Plaza Semanggi makin memperparah antrean kendaraan. Setelah penutupan pintu tol, polisi bersama Dishub DKI Jakarta berencana mengisolir akses masuk ke Plaza Semanggi dari arah Gatot Subroto.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement