Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Mustafa Debu: Jalani Puasa dengan Nikmat dan Syukur

Selasa 17 Aug 2010 04:29 WIB

Red: Sadly Rachman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bagi salah satu personel Debu, Mustafa Daud, puasa adalah kewajiban yang tak perlu dijadikan beban. Menurut dia puasa adalah sesuatu yang banyak memberikan manfaat kepada setiap Muslim. Karena itu, sudah seharusnya puasa tidak dijadikan beban melainkan nikmat yang harus disyukuri.

Semenjak berumur lima tahun, Mustafa telah menjalani puasa. Lantaran sudah terbiasa berpuasa, Mustafa tidak mau merusak puasa dengan target berlebihan. Baginya, puasa bukanlah target. Puasa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dengan niat. Mustafa berpandangan nikmat puasa sebaiknya dibiarkan mengalir apa adanya tanpa terbatas karena target.

Mustafa menuturkan seringkali sebagai pribadi Muslim, beberapa kerabatnya kerap membebani puasa dengan target yang muluk sehingga melaksanakan ibadah karena target bukan niat. Dia menilai, sejatinya setiap pribadi memiliki ambisi atau target. Sayangnya, target yang dimaksud condong berlebihan atau tidak sesuai dengan kemampuan.

Karena itu, Mustafa menyarankan kepada setiap pribadi Muslim untuk menjalani ibadah puasa apa adanya. Sebuah ibadah yang tidak dilihat sebagai aturan syariah tetapi harus dilihat sebagai jalan menuju kesempurnaan akhlak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA