Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Inovasi Baru Infaq Ramadhan

Selasa 10 Aug 2010 07:06 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Anda mau berinfaq? Tak sulit untuk menyalurkan infaq Anda. Sepanjang Ramadhan, hampir semua operator telekomunikasi menyediakan layanan infaq Ramadhan.

Infaq bisa dikirimkan dengan SMS. Cukup dengan mengetik SMS5000, misalnya, Anda telah berinfaq sebesar Rp 5.000. Infaq tadi di potong dari pulsa pelanggan (untuk pelanggan prabayar) atau ditagihkan pada tagihan berikutnya untuk pelanggan pascabayar.

Berbeda dengan kebanyakan operator yang menggunakan SMS sebagai media penghimpunan donasi, mulai tahun ini Telkomsel mengembangkan user menu browser (UMB) *811#. Dengan mengetik UMB tersebut, akan muncul dua pilihan yakni PMI dan Baznas. Untuk Infaq Ramadhan, pilih saja Baznas. Bila ingin melakukan donasi untuk PMI, tentu saja dipilih PMI.


Lebih dari sekadar mengganti sistem, Telkomsel juga mengandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai pengelola donasi yang dihimpun. ''Donasi yang dihimpun melalui layanan donasi *811*, seluruhnya diserahkan kepada Baznas. Lembaga ini yang selanjutnya menyalurkan donasi yang dihimpun sesuai dengan tujuan penyaluran dana,'' kata GM CSR Telkomsel, Tubagus Husniyullah.

Program SMS Infaq telah dikembangkan Telkomsel sejak lima tahun yang lalu. Dana yang dihimpun melalui program ini, selanjutnya disalurkan ke lembaga amil zakat (LAZ) atau organisasi sosial dan kemasyarakatan. Ada sejumlah mitra Telkomsel untuk menyalurkan donasi pelanggan.

''Tahun ini seluruh dana yang dihimpun dikelola Baznas. Lembaga mana yang akan ditunjuk untuk menyalurkan dana menjadi wewenang Baznas,'' ujar Tubagus. Ia melukiskan penghimpunan dan pengelolaan dana berada dalam satu pintu.

Perubahan lain yang dikembangkan adalah besaran dana. Donasi mulai dari Rp 1.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 25.000. Donasi bisa dikirim sekali atau berkali-kali. ''Untuk Ramadhan, pelanggan bisa berinfaq dengan nominal tetap setiap hari selama 30 hari. Semua menunya ada. Pelanggan tinggal memilih saja,'' kata Tubagus.

Pada infaq Ramadhan tahun ini, Telkomsel menawarkan empat pilihan penyaluran infaq, yakni sarana ibadah, anak yatim, kaum dhuafa dan fasilitas umum. Tujuan penyaluran sekaligus juga akan menjadi panduan bagi Baznas dalam hal penyaluran.

''Dari dana yang dihimpun, selain memiliki jumlah donasi, kami juga memiliki data berapa persen disalurkan ke sarana ibadah, berapa persen ke tujuan berbeda seperti anak yatim, kaum dhuafa atau fasilitas umum. Amanah pelanggan inilah yang kemudian diteruskan ke Baznas,'' kata Tubagus pula.

Metode baru yang dikembangkan Telkomsel diharapkan mampu menginspirasi pelanggan untuk memberikan donasi lebih banyak lagi. ''Apalagi ada pilihan tujuan penyaluran donasi. kami secara periodik juga akan memberikan laporan kepada publik tentang perkembangan donasi yang berhasil dihimpun,'' papar Tubagus.

Pendekatan yang sama diharapkan mampu menginspirasi berbagai pihak terkait dengan transparansi dalam proses penghimpunan dan penyaluran infaq atau donasi. Termasuk didalamnya memberikan alternatif bagi donatur kemana donasi itu disalurkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA