Selasa 10 Aug 2010 04:17 WIB

Hotel Bintang Lima di Zurich Angkat Tema Ramadhan dalam Layanannya

Hotel Dolder Grand
Foto: worldradio
Hotel Dolder Grand

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH--Swiss bukan negara yang diasosiasikan dengan Ramadhan atau kaum Muslim, tetapi satu hotel papan atas di negara itu , Dolder Grand, berani mengambil tema tak biasa bulan ini: Ramadhan Theme.

Tak hanya semua makanan yang disajikan dijamin halal, mereka juga menata hotel dengan sentuhan Timur Tengah. Bahkan, mereka menambah channel stasiun televisi Arab di TV kabel mereka.

"Dolder Grand terbuka untuk berbagai budaya. Tujuan kami adalah untuk memenuhi kebutuhan para tamu kami jika memungkinkan. Kami memahami bahwa Ramadhan adalah waktu yang sangat istimewa tahun bagi seorang Muslim - maka kami dengan senang hati memberikan yang terbaik sehingga tamu Muslim merasa di rumah saat tinggal bersama keluarganya di hotel kami, " kata Mark Jacob, Resident Manager dan Direktur Divisi Kamar Hotel Grand Dolder.

Menurutnya, tamu Muslim mereka memang sangat sedikit,  hanya tujuh persen dari total pengunjung. Namun, layaknya bersikap sebagai tuan rumah yang baik, seluruh tamu harus dilayani dan dipuaskan. Ini adalah kali ketiga hotel itu menggelar tema Ramadhan.

Dolder Grand dibuka kembali setelah renovasi empat tahun pada April 2008. Sejak kali pertama tema Ramadhan diluncurkan, tingkat hunian hotel tak malah surut, justru bertambahn. "Banyak pelanggan yang kembali lagi dan lagi, terutama mereka yang datang dari Timur Tengah," ujarnya. "Kami berharap tren ini akan berlanjut di masa depan, karena hampir seluruh tamu memberi umpan balik positif tentang hotel kami," katanya.

Dari saat mereka tiba, katanya, pengunjung akan disambut dengan apa yang disebutnya "keramahan ala Muslim". Saat berbuka tiba, tetamu akan mendapatkan secangkir teh hangat dengan pelengkap kurma dan kacang.

Sepanjang bulan itu, hotel akan menyesuaikan layanan untuk memenuhi kebutuhan spesifik tamu; menghormati waktu-waktu shalat, terutama saat Maghrib dan Subuh.

Khusus tamu Muslim, maka selama Ramadhan mereka akan diarahkan ke kamar yang menghadap ke arah danau dan pegunungan Alpen, sehingga saat mentari tenggelam, mereka bisa melihatnya. Petugas akan mengetuk kamar begitu waktu berbuka tiba.

Berbuka puasa, katanya, bisa dilakukan di restoran yang menyatu dengan hotel. hanya makanan halal yang disediakan di restoran yang pernah memenangi penghargaan sebagai restoran terbaik di kota Zurich ini.

Bagi tamu yang ingin shalat berjamaah, disediakan satu ruang sebagai mushala.

 "Swiss adalah negara yang tenang dan damai. Iklim di musim panas sangat menyenangkan dan menyegarkan. Dolder Grand terletak di atas bukit dikelilingi hutan dan dengan tampilan yang luar biasa. Siapapun Anda, apapun latar belakang etnis, agama, aliansi politik dan sebagainya, maka Anda adalah tamu yang harus dilayani," Jacob berpromosi.

sumber : Emirates
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement