Rabu 04 Aug 2010 10:42 WIB

Indonesia Bintang Festival Folklore Varna di Bulgaria

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Tim kesenian Indonesia menjadi bintang pada International Folklore Festival di Varna, Bulgaria, belum lama ini, menyusul kesuksesan mereka sebelumnya pada acara Indonesian Cultural Evening di gedung Sredetz Municipal House of Culture Sofia.

Tim Kesenian Universitas Pelita Harapan (UPH) memesona warga Kota Varna yang hampir memenuhi Gedung Summer Theatre yang berkapasitas 2.000 orang, pada pembukaan International Folklore Festival (IFF) di Varna, Bulgaria

.

Sekretaris tiga KBRI Bulgaria, Aditya Timoranto, mengatakan, Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang serta Ibu Fely Rose Inkiriwang juga turut hadir bersama tokoh masyarakat dan warga Kota Varna.

Wakil Walikota Varna, Kosta Bezhitov, dalam sambutan singkat menyampaikan bahwa kota Varna sangat berbangga untuk kembali menyelenggarakan IFF Varna yang telah menjadi tradisi tahunan.

Secara khusus disebutkan bahwa kali ini Indonesia, negara yang sangat jauh dan eksotik, turut berpartisipasi pada festival tersebut. Wakil Walikota Bezhitov juga menyampaikan penghargaan atas kehadiran Dubes RI dalam acara tersebut.

Tim Kesenian UPH tampil memukau dengan membawakan Tari Saman yang tak pelak menuai aplus meriah berulang kali sepanjang tarian dibawakan. Sebagian penonton tanpa segan-segan meneriakkan 'Bravo' memuji keharmonisan gerak Tim Kesenian UPH yang cepat dan sangat dinamis ketika membawakan Tari Saman.

Dalam acara pembukaan tersebut tiap tim kesenian membawakan sebuah tarian. Tim Kesenian UPH yang berkolaborasi dengan partisipan lainnya, juga tampil membawakan koreografi tarian Dance of Love.

Sebelum tampil di Summer Theatre, Tim Kesenian UPH bersama partisipan lainnya melakukan parade dengan kostum tari masing-masing dari Katedral kota Varna hingga Summer Theatre.

Sepanjang parade tersebut, Tim Kesenian UPH yang mengenakan kostum tarian dari berbagai provinsi di Indonesia mencuri perhatian media massa dan juga warga setempat serta turis yang sedang berada di lokasi parade.

Banyak warga setempat dan turis yang meminta untuk berfoto bersama dengan anggota Tim Kesenian UPH.

IFF Varna 2010 diikuti oleh peserta dari Indonesia, Bulgaria, Georgia, Meksiko, Montenegro, Polandia, Ukraina, dan Yunani. Selanjutnya, Tim Kesenian UPH akan tampil setiap hari hingga berakhirnya festival tersebut pada 5 Agustus mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement